REFERENSI PENDIDIKAN

Arti dan Pentingnya Pendidikan

http://ewintribengkulu.blogspot.com/2012/10/arti-dan-pentingnya-pendidikan.html

Pendidikan dengan berbagai programnya mempunyai peranan penting dalam proses memperoleh dan meningkatkan kualitas kemampuan profesional individu. Melalui pendidikan, seseorang dipersiapkan untuk memiliki bekal agar siap tahu, mengenal dan mengembangkan metode berfikir secara sistematik agar dapat memecahkan masalah yang akan dihadapi dalam kehidupan dikemudian hari.

Pengertian pendidikan telah banyak diutarakan, dan menurut Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 disebutkan bahwa :

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

Pendapat lain tentang pengertian pendidikan dikemukakan oleh Sir Gadfrey Thompson (Roni Artasasmita 1985 :2) menyebutkan : “ pendidikan adalah pengaruh lingkungan atas individu untuk menghasilkan perubahan-perubahan yang tetap didalam kebiasaan-kebiasaan perilaku, pikiran dan sikapnya ”.

Pengertian pendidikan seperti yang diutarakan tersebut maka dapat dikatakan bahwa peran pendidikan adalah sebagai landasan untuk membentuk,mempersiapkan, membina dan mengembangkan kemampuan sumber daya manusia yang sangat menentukan dalam keberhasilan pembangunan di masa yang akan datang. Menurut Beeby (Roni Artasasmita, 1985 :32) bahwa pendidikan mempunyai kualitas tinggi bilamana keluaran pendidikan itu mempunyai nilai bagi masyarakat yang memerlukan pendidikan itu. Kualitas disini adalah keluaran pendidikan yang dikaitkan dengan kegunaan bagi masyarakat.

Refrensi :
  1. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No.20 tahun 2003. Jakarta : Depdiknas.
  2. Artasasmita, R. (1985). Pedoman Merancang Sistem Kursus dan Latihan. Bandung : PLS FIP IKIP.

Copyright © 2014-2015 REFERENSI PENDIDIKAN Powered by Blogger - All Rights Reserved