REFERENSI PENDIDIKAN

Karakteristik Keperibadian yang Sehat

http://ewintribengkulu.blogspot.com/2012/10/karakteristik-keperibadian-yang-sehat.html

Hurlock Elizabeth B. (Yusuf Syamsu, 2002: 130-131) mengemukakan bahwa penyesuian yang sehat atau kepribadian yang sehat ( healthy personality ) ditandai dengan karakteristik sebagai berikut.
  1. Mampu menilai diri secara realistik. Individu yang kepribadiannya sehat mampu menilai dirinya sebagaimana ada adanya, baik kelebihan maupun kekurangan/kelemahannya, yang menyangkut fisik (postur tubuh, wajah, keutuhan dan kesehatan) dan kemampuan.
  2. Mampu menilai situasi secara realistik. Individu dapat menghadapi situasi atau kondisi kehidupan yang dialami secara realistik dan mau menerimanya secara wajar. Dia tidak mengharapkan kondisi kehidupan sebagai suatu yang harus sempurna.
  3. Mampu menilai prestasi yang diperoleh secara realistik. Individu dapat menilai prestasinya (keberhasilan yang diperolehnya) secara realistik dan mereaksinya secara rasional. Dia tidak menjadi sombong, angkuh atu mengalami “superiority complex”, apabila memperoleh prestasi yang tinggi, atau kesuksesan dalam hidupnya. Apabila mengalami kegagalan, dia tidak mereksinya dengan frustasi, tetapi dengan sikap optimistik (penuh harapan).
  4. Menerima tanggug jawab. Individu yang sehat adalah individu yang bertanggung jawab. Dia mempunyai keyakinan terhadap kemampuannya untuk mengatasi masalah-masalah kehidupan yang dihadapinya.
  5. Kemandirian (autonomi). Individu memiliki sikap mandiri dalam cara berpikir dan bertindak, mampu      mengambil keputusan, mengarahkan dan mengembangkan diri serta menyesuaikan diri secara konstruktif dengan norma yang berlaku di lingkungannya.
  6. Dapat mengontrol emosi. Individu merasa nyaman dengan emosinya. Dia dapat menghadapi situasi frustasi, depresi atau stres secara positif atau konstruktif, tidak destruktif (merusak).
  7. Beroientasi tujuan. Setiap orang mempunyai tujuan yang ingin dicapainya. Namun, dalam merumuskan tujuan itu ada yang realistik dan ada yang tidak realistik. Individu yang sehat kepribadiannya dapat merumuskan tujuannya berdasarkan pertimbangan secara matang, tidak dasar paksaan dari luar. Dia berupaya untuk mencapai tujuan tersebut dengan cara mengembangkan kepribadian (wawasan) dan keterampilan.
  8. Berorientasi keluar. Individu yang sehat memiliki orientasi keluar (ekstrovert). Dia bersikap respek, empati terhadap orang lain, mempunyai kepedulian terhadap situasi, atau masalah-masalah lingkungannya dan bersifat fleksibel dalam berpikirnya.
  9. Penerimaan sosial. Individu dinilai positif oleh orang lain, mau berpartisipasi aktif dalam kegiatan sosial, dan memiliki sikap bersahabat dalam berhubungan dengan orang lain.
  10. Memiliki filsafat hidup. Dia mengarahkan hidupnya berdasarkan filsafat hidup yang berakar dari keyakinan agama.
  11. Berbahagia. Individu yang sehat, situasi kehidupannya diwarnai kebahagiaan. Kebahagiaan ini didukung oleh faktor-faktor achievement (pencapaian prestasi), acceptance (penerimaan dari orang lain), dan affection (perasaan dicintai atau disayangi orang lain).
Adapun kepribadian yang tidak sehat ditandai dengan karakteristik seperti berikut; Mudah marah (tersinggung), Menunjukkan kekhawatiran dan kecemasan, Sering merasa tertekan (stres dan depresi), Bersikap kejam atau senang mengganggu orang lain yang usianya lebih muda atau terhadap binatang (hewan), Ketidakmampuan untuk menghindar dari perilaku menyimpang meskipun sudah diperingati atau dihukum, Mempunyai kebiasaan berbohong, Hiperaktif, Bersikap memusuhi semua bentuk otoritas, Senang mengkritik atau mencemooh orang lain, Sulit tidur, Kurang memiliki rasa tanggung jawab, Sering mengalami pusing kepala (meskipun penyebabnya bukan bersifat organis), Kurang memiliki kesadaran untuk mentaati ajaran agama, Bersikap pesimis dalam menghadapi kehidupan, Kurang bergairah (bermuram durja) dalam menjalani kehidupan.

Refrensi :

Yusuf, Syamsu. (2002). Pengantar Teori Kepribadian. Tidak Diterbitkan. Bandung: PPB FIP UPI.
Copyright © 2014-2015 REFERENSI PENDIDIKAN Powered by Blogger - All Rights Reserved