REFERENSI PENDIDIKAN

Konsep Pola Asuh Orang Tua

http://ewintribengkulu.blogspot.com/2012/10/konsep-pola-asuh-orang-tua.html

Secara harfiah (Kamus Besar Bahasa Indonesia, 1996: 40), pola artinya bentuk atau contoh, sedangkan pola asuh adalah cara seseorang melakukan kegiatan merawat, memelihara dan membimbing supaya anak dapat berdiri sendiri. Secara umum, pola asuh orang tua merupakan suatu kecenderungan yang relatif menetap dari orang tua dalam memberikan pendidikan, bimbingan, dan perawatan kepada anak-anaknya (Syaodih Ernawulan, 1999 : 9)

Meichati Siti (Badingah, 1993; 37) mengemukakan bahwa pola asuh adalah perlakuan orang tua dalam rangka memenuhi kebutuhan, memberi perlindungan dan mendidik anak dalam kehidupan sehari-hari. Sejalan dengan itu Kohn (Octaria Dwi, 2007 : 12) mengemukakan definisi pola asuh orang tua sebagai sikap orang tua dalam berinteraksi dengan anak-anaknya, yang tidak hanya pemenuhan kebutuhan fisik (seperti makan dan minum) dan kebutuhan psikologis (seperti rasa aman dan kasih sayang) tetapi juga mengajarkan norma-norma yang berlaku di masyarakat agar anak dapat hidup selaras dengan lingkungan. Pendapat ini sejalan dengan apa yang diungkapkan oleh pendapat para ahli diatas.

Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa pola asuh merupakan suatu bentuk orang tua dalam membimbingan, merawat, mendidik dan melatih anak agar dapat hidup lebih baik dimasa yang akan datang dan mencapai penyesuaian diri serta aktualisasi diri.

Refrensi:
  1. Syaodih, Ernawulan. (1999). Peranan Bimbingan Guru, Pengasuhan, Orang Tua Dan Interaksi Teman Sebaya Terhadap Perkembangan Perilaku Sosial Anak TK. Tesis. Bandung: PPS IKIP Bandung.
  2. Badingah, S. (1993). Agresifitas Remaja Kaitannya Dengan Pola Asuh, Tingkah Laku Agresif Orang Tua Dan Kegemaran Menonton Film Keras. Tesis.Tidak diterbitkan. Depok : PPS UI.
  3. Octaria, Dwi. (2007). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Penyesuaian Sosial Siswa Sekolah Dasar. Skripsi Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP UPI Bandung : Tidak Diterbitkan.
Copyright © 2014-2015 REFERENSI PENDIDIKAN Powered by Blogger - All Rights Reserved