REFERENSI PENDIDIKAN

Pembelajaran Berbasis Web

http://ewintribengkulu.blogspot.com/2012/10/pembelajaran-berbasis-web_6588.html

1. Pengertian

“Web atau sering disebut dengan WWW yang merupakan kepanjangan dari World Wide Web adalah sarana mutakhir untuk mengarungi Cyberspace. Web merupakan pelayanan internet terdistribusi dengan konsep hypertext antar dokumen yang berkaitan dengan bahasa HTML untuk formast dokumen” Khoe yao tung (Sidik, 2005).

Dengan semakin luasnya perkembangan internet maka perkembangan selanjutnya adalah terjadinya perluasan akses terhadap bahan-bahan belajar. Berbagai pernagkat lunak edukasi ataupun softcopy dari modul, diktat, dan berbagai e-book lainnya yang semula didistribusikan dalam bentuk CD atau flashdisk mulai membanjiri internet. Dengan melakukan upload berbagai referensi dan bahan belajar di internet berarti membuka akses dari seluruh penjuru dunia terhadap berbagai bahan belajar tersebut. Para pengguna internet pun bisa mempelajari apa saja dari berbagai situs web yang tersedia.
Demikian pula para penyelenggara pendidikan mulai memanfaatkan internet untuk memperluas layanan mereka pada siapapun yang ingin menjadi siswanya. Berbagai kelas dan pelatihan bisa diikuti hanya dengan melakukan berbagai download terhadap bahan belajar elektronik, berdiskusi dengan dosen melalui e-mail atau forum-forum diskusi online, dan mengikuti ujian secara online di internet. Model inilah yang dikenal sebagai Web Based Learning (WBL), sebuah model pembelajaran yang menggunakan internet sebagai sarananya.

Purnomo (2008) mengemukakan bahwa “Web based learning adalah suatu sistem belajar jarak jauh berbasis teknologi informasi melalui antar halaman web” (Gunawan,2001). “Media web based learning dapat dikatakan merupakan bentuk pembelajaran terprogram dan individual. Pembelajaran terprogram adalah sistem belajar yang dalam penggunaan bahan-bahannya diprogram untuk mencapai tujuan pendidikan” (Ely, 1979). Sedangkan “pembelajaran individual adalah suatu sistem belajar yang memperhatikan kebutuhan dan karakteristik siswa” (Burns, 1971).

Dari beberapa konsep tersebut, dapat disimpulkan bahwa media web based learning (WBL) adalah kumpulan halaman dalam internet yang didesain secara terencana dan terpadu untuk kepentingan pembelajaran, dengan maksud agar proses interaksi komunikasi edukatif antara guru dan siswa dapat berlangsung secara tepat guna.

2. Pelaku Sistem WBL

a. Administrator

Administrator adalah pihak yang menjadi fasilitator selama proses belajar mengajar berlangsung. Adapun otoritas dan kewajibannya adalah:
  1. Meng-update konten
  2. Meng-update user
  3. Membuat database ataupun konten
  4. Mengirimkan berita-berita terbaru bagi user
  5. Mempersiapkan segala hal yang berhubungan dengan masalah administratif dan fasilitas.
b. Siswa

Siswa adalah orang yang belajar untuk memperoleh tambahan ilmu dari proses belajar yang berlangsung tersebut. Adapun kegiatan yang dilakukan adalah:
  1. Mengakses materi, mengerjakan latihan dan tugas tambahan yang mungkin diberikan lewat e-mail
  2. Aktif menulis artikel ataupun karya-karya kreatif yang lain dengan mengunakan fasilitas yang disediakan.
c. Instruktur

Instruktur adalah orang yang berperan sebagai pengajar dalam proses belajar mengajar. Adapun kegiatannya adalah:
  1. Mempersiapkan materi tugas dan latihan
  2. Menyerahkan materi tugas dan latihan kepada administrator
  3. Menjawab konsultasi tentang materi pelajaran lewat media web.
d. Pakar

Pakar adalah seseorang yang keahliannya sangat diperlukan untuk menambah wawasan para siswa dan mungkin dapat membantu instruktur dalam mempersiapkan bahan ajarnya.

Refrensi:
  1. Sidik, Betha, Ir., dkk. 2005. Pemrograman Web dengan HTML.Bandung: BI-Obses.
  2. Purnomo, Agung. 2009. Web Based Learning.[Online]. Tersedia: http://www.sman4bdg.sch.id/html/index.php?id=artikel&kode=53
  3. Rossana, Elly. 2009. Penerapan E-learning dalam kegiatan pendidikan dan pelatihan pada PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk. (Studi kasus pada Unit Multimedia Based Learning-Telkom Learning Center-Bandung). Pepustakaan UPI Bandung.
Copyright © 2014-2015 REFERENSI PENDIDIKAN Powered by Blogger - All Rights Reserved