REFERENSI PENDIDIKAN

Pengaruh Kejenuhan Belajar Bagi Siswa

http://ewintribengkulu.blogspot.com/2012/10/pengaruh-kejenuhan-belajar-bagi-siswa.html

Kejenuhan belajar dapat menimbulkan dampak buruk pada kondisi psikologis individu dan pencapaian prestasinya. Cherniss (1980:65) mengungkapkan bahwa dampak psikis dari kejenuhan akan berakibat  pada kemandekan pencapaian prestasi individu secara personal, akademik,sosial atau professional. Sedangkan Sugara (2011 : 19) mengemukakan bahwa dampak dari kejenuhan  belajar adalah menjadikan siswa tidak produktif  dalam belajar dan potensi yang dimilikinya terhambat. Selain itu, bentuk resistensi lain dari kejenuhan belajar juga mengakibatkan proses pembelajaran menjadi tidak efektif dan tidak kondusifnya iklim emosional di dalam kelas. Hal ini terjadi karena siswa mengalami keletihan secara fisik, mental dan emosional. Adapun Makmun (2001:134) mengemukakan kejenuhan belajar dinilai sebagai  ketidakmampuan daya ingatan mengakomodasikan informasi atau pengalaman baru atau individu merasakan bahwa hasil belajar tidak ada kemajuan untuk beberapa waktu tertentu.

Hasil  penelitian yang dilakukan oleh Agustin  (2008:9) di kalangan mahasiswa menunjukkan bahwa dampak yang dirasakan akibat kejenuhan belajar yaitu : (1) menjadi suka marah-marah 25, 5 %, (2) sering susah tidur 26, 5 %, (3) tidak peduli dengan tugas perkuliahan (tugas belajar) 14, 5 %, (4) tidak peduli dengan nilai (raport) 14,5 %, (5) mudah bosan dengan kegiatan belajar 57 %, (6) menjadi mudah tersinggung 31,5 %, (7) sering gelisah 44 %, (8) menjadi mudah sakit 13 %, (9) sering merasa gagal 21,5 %, dan (10) merasa rendah diri 23,5 %. Ilfiandra  (2002: 66) menambahkan konsekuensi dari  burnout  yang  terjadi  di kalangan para guru yaitu ; (1) hancurnya semangat hidup atau kerja (belajar),(2) keputusan untuk berhenti  selamanya  dari  profesinya   (putus   sekolah),  (3) terperangkap dalam tugas, (4) apatis menunggu pensiun tiba, (5) meninggalkan tugas awal dengan mengejar rentang jabatan yang lebih tinggi, (6) membentuk coping strategy yang memungkinkan terjadinya pertumbuhan pribadi (personal growth).

Berdasarkan uraian tersebut, kejenuhan belajar jika dibiarkan dalam jangka waktu yang lama dapat mengakibatkan memburuknya kondisi psikologis individu yang bisa mempengaruhi pada kualitas diri individu, pencapaian prestasi dan masa depannya.

Refrensi :
  1. Agustin,  M.  (2008).  Model  Konseling  Kognitif  Perilaku  untuk  Menangani Kejenuhan   Belajar   Mahasiswa.   Disertasi   Doktor   pada   PPs   UPI Bandung. Tidak Diterbitkan.
  2. Cherniss (1980). Staff Burnout Job Stress in The Human Service. London : Sage Publications.
  3. Sugara,  G.  S.  (2011).  Efektivitas  Teknik  Self-Instruction  dalam Menangani Kejenuhan   Belajar   Siswa.   Skripsi   Jurusan   PPB-FIP   UPI.   (Tidak Diterbitkan).
  4. Makmun, A. 2000. Psikologi Kependidikan. Edisi Revisi. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Copyright © 2014-2015 REFERENSI PENDIDIKAN Powered by Blogger - All Rights Reserved