REFERENSI PENDIDIKAN

Asas-asas Pendidikan Luar Sekolah

http://ewintribengkulu.blogspot.com/2012/11/asas-asas-pendidikan-luar-sekolah.html

Dimaksud dengan asas adalah prinsip atau landasan berpijak. Pendidikan luar sekolah sebagai bagian dari pendidikan nasionaal memiliki asas yang menjadi landasan berpijaknya yaitu asas kebutuhan, pendidikan sepanjang hayat, asas relevansi dengan pengembangan masyarakat dan asas wawasan ke masa depan, seperti yang diungkapkan oleh Sudjana (2004).

  1. Asas kebutuhan memberi arti bahwa penyusunan program pendidikan luar sekolah , proses pendidikan dan kebutuhan akan pendidikan berlangsung sepaanjang hidup manusia, pendidikan bukanlah terbatas pada waktu-waktu tertentu dan juga tidak dibatasi oleh tempat , tetapi belajar dilakukan terus menerus sepanjang hayat. Asas ini memberikan makna bahwa pendidikan luar sekolah membina dan melaksanakan program-program yang dapat mendorong warga belajar untuk terus menerus belajar secara berkelanjutan.
  2. Asas relevansi dan pengembangan masyarakat, pendidikan luar sekolah sebagai bagian penting dari program pengembangan masyarakat mengandung makna bahwa setiap kebijakan dan kegiatan pengembangan masyarakat memuat pula kebijakan dari program pendidikan luar sekolah. Dengan demikian pendidikan luar sekolah merupakan upaya yang disengaja untuk membantu masyarakat agar mereka dapat merubah sikap dan prilaku membangun dalam upaya meningkatkan taraf hidupnya.
  3. Asas wawasan ke masa depan, asas ini memberi arah bahwa pendidikan luar sekolah berorientasi pada perubahan yang mungkin terjadi pada masa yang akan datang. Walaupun keadaan masa depan itu baru merupakan alternatif kemungkinan,. Namun keadaan tersebut dapat dipelajari dari berbagai kecenderungan perubahan dalam berbagai aspekkehidupan yang terjadi dalam lingkungan alam pada saat ini.
  4. Asas pendidikan sepanjang hayat, artinya pendidikan ini hanya berakhir tatkala manusia meninggalkan dunia ini. Tujuan pendidikan sepanjang hayat adalah tidak sekedar perubahan melainkan untuk tercapainya kepuasan bagi setiap orang yang melakukannya. Fungsi pendidikan sepanjang hayat adalah sebagai kekuatan motivasi bagi peserta didik agar ia dapat melakukan kegiatan belajar berdasarkan dorongan dan arahan oleh dirinya sendiri (self directed learning) dengan cara berpikir dan berbuat dalam kehidupannya.

Refrensi:

Sudjana, D. (2004). Manajemen Program Pendidikan Untuk Pendidikan Luar Sekolah dan Pengembangan Sumberdaya Manusia. Bandung : PT. Falah Production.
Copyright © 2014-2015 REFERENSI PENDIDIKAN Powered by Blogger - All Rights Reserved