REFERENSI PENDIDIKAN

Bentuk Geografi Jepang

http://ewintribengkulu.blogspot.com/2012/11/bentuk-geografi-jepang.html

Jepang adalah sebuah negara kepulauan yang berada di sebelah timur benua Asia. Di Jepang terdapat 4 pulau besar serta ribuan pulau kecil. Bentuk geografis Jepang memanjang dari utara ke selatan kira-kira 3800 kilometer. Luasnya kira-kira 370.000 kilometer persegi. Pulau-pulau besar itu antara lain : Hokkaido, Honshu, Shikoku, dan Kyushu. Kepulauan Jepang 75% wilayahnya terdiri dari pegunungan, dan 25% terdiri dari daratan. Pegunungan Jepang memanjang diseluruh kepulauannya, berupa bukit-bukit yang tertutup hutan dan diantaranya ada lembah-lembah sempit yang dapat digunakan untuk pertanian. Di sana-sini terdapat gunung-gunung yang menjulang tinggi ke atas dan beberapa diantaranya adalah gunung berapi.

Di Pulau Honshu terdapat sederetan gunung yang dinamakan Alpen Jepang yang tingginya lebih dari 3000 meter. Di antara gunung-gunung itu terdapat gunung Fuji, yang merupakan gunung tertinggi di Jepang dengan berselimutkan salju abadi yang berada di puncaknya. Gunung Fuji berbentuk kerucut yang hampir sempurna dan keindahannya telah menarik banyak orang. Gunung Fuji tingginya 3776 meter, dan pernah meletus pada tahun 1770. Umumnya keadaan sungainya pendek-pendek dan mengalir deras. Diantara gunung Fuji ada lima danau yang sangat indah dan disebut Fuji Goko. Di Gunung Fuji ada yang bersalju terus menerus sepanjang tahun, dan di puncak gunung Fuji terdapat Kuil.

Gunung Fuji 

Di Jepang banyak terdapat gunung berapi (kazan) dan mata air panas (onsen). Di Honshuu bagian tengah banyak gunung tinggi yang disebut “Nihon Arupusu”. Di Jepang karena banyak gunung berapi maka banyak terdapat onsen.
Air panas (onsen)

Gunung Aso terdapat di Kyushu. Gunung Aso merupakan gunung berapi yang berkawah dua lapis, kawahnya merupakan kawah yang terbesar di dunia. Gunung showashin terdapat di Hokkaido. Awalnya merupakan lading yang datarannya menjadi tinggi. Selama satu tahun tingginya mencapai 407 m. Gunung Showashin (gunung baru showa) terjadi karena lava yang ada di dalam tanah, kemudian timbul dan terangkat yang akhirnya menjadi gunung. Sumber air panas yang paling besar ada di Hokkaido yaitu Noboribetsu yang terjadi dari semburan air panas dari lava letusan gunung berapi.
Gunung Aso 

Sungai yang paling panjang adalah Sungai Shinano yang panjangnya 367 Km (1/8 sungai Nil di Afrika, 1/15 sungai Yang tse di Cina).
Sungai Shinano 

Refrensi:

Sutjiati, Neneng. 2012. Geografi Jepang (Makalah). Tidak Diterbitkan.
Bentuk Geografi Jepang, Pada: 6:18 PM
Copyright © 2014-2015 REFERENSI PENDIDIKAN Powered by Blogger - All Rights Reserved