REFERENSI PENDIDIKAN

Dampak Negatif Pengambilan Airtanah Secara Berlebihan

http://ewintribengkulu.blogspot.com/2012/11/dampak-negatif-pengambilan-airtanah.html

Keberadaan airtanah sangat erat hubungannya dengan air permukaan. Bedasarkan Hukum Darcy, dijelaskan jika tinggi muka air tanah mengalami penurunan yang berkelanjutan, akibat dari eksploitasi air tanah yang berlebihan maka kemungkinan terjadinya rembesan air sungai ke akuifer sangat besar. Jika aliran sungai cukup besar, maka rembesan tersebut tidak terlalu berpengaruh terhadap debit sungai. Namun jika akuifer terbentuk dari tanah yang memiliki permiabilitas besar dan pencemaran yang terjadi di sungai cukup tinggi, maka akan berpengaruh terhadap adanya pencemaran airtanah (Asdak,2002).

Pengambilan airtanah secara berlebihan mengakibatkan menurunnya permukaan tanah. Penurunan permukaan air tanah akan mengakibatkan pengurangan gaya angkat tanah sehingga terjadi peningkatan tegangan efektif tanah. Akibat meningkatnya tengangan efektif ini akan menyebabkan penyusutan butiran tanah kembali dan penurunan tanah (Terzhagi dalam Danaryanto ; Kodoatie, 2010 : 5). Disamping hal tersebut kemungkinan terjadi adanya erosi bagian dalam tanah akibat terangkutnya butiran di bawah muka air tanah oleh penyerapan airtanah melalui pemompaan sumur dalam secara berlebihan.

Pengeksploitasian airtanah yang terjadi saat ini mengakibatkan menurunnya muka airtanah, hal tersebut dikarenakan, jumlah pertumbuhan penduduk yang bertambah, sehingga memicu untuk dilakukannya pengeboran sumur di beberapa titik yang memiliki potensi airtanah. Akan tetapi, dengan jumlah pengesploitasian air tanah yang semakin bertambah tidak diiringi dengan jumlah masuknya air ke dalam tanah (inflow) sehingga mengakibatkan penyusutan butiran tanah dan penurunan tanah.

Download Skripsi Lengkap Bab 1-5, silahkan klik link dibawah :
Panduan Untuk Mendownload File :
  1. Klik tombol Download Now di atas kemudian akan muncul halaman baru dan selanjutnya klik Link Download Now!
  2. Untuk Meng-Unlock File anda harus melengkapi sebuah survey (klik register and enter your info to win!) lengkapi data survey dengan mengikuti petunjuknya.
  3. Setelah anda melengkapi data survey maka file akan ter-unlock dan terdownload secara otomatis. Terimakasih atas kunjungan anda, semoga bermanfaat
Refrensi:
  1. Asdak, C. (1995). Hidrologi dan pengelolahan Daerah Aliran Sungai, Gajah Mada University Press.
  2. Kodoatie, R.J. dan Sjarief, R. (2005). Pengelolaan Sumberdaya Air Terpadu. Yogyakarta: ANDI.
Copyright © 2014-2015 REFERENSI PENDIDIKAN Powered by Blogger - All Rights Reserved