REFERENSI PENDIDIKAN

Karakteristik Korban Bullying

http://ewintribengkulu.blogspot.com/2012/11/karakteristik-korban-bullying.html

Coloroso (2007: 95) menyebutkan beberapa karakteristik anak yang rentan menjadi korban bullying (penindasan) adalah anak yang baru di lingkungan itu, anak termuda di sekolah, anak yang pernah mengalami trauma, anak penurut, anak yang perilakunya dianggap mengganggu orang lain, anak yang tidak mau berkelahi, anak yang pemalu, anak yang miskin atau kaya, anak yang ras suku etnisnya dipandang inferior oleh penindas, anak yang agamanya dipandang inferior oleh penindas, anak yang cerdas, berbakat atau memiliki kelebihan, anak gemuk atau kurus, anak yang memiliki ciri fisik yang berbeda dengan orang lain, anak dengan ketidak cakapan mental atau fisik, dan anak yang berada di tempat yang keliru pada saat yang salah.

Apabila anak telah menjadi korban bullying (penindasan), anak tidak akan memberitahukan kepada orang lain secara terus terang (Coloroso, 2007:104). Mereka mempunyai alasan untuk tidak memberitahukan masalah itu. Menurut Coloroso (2007:104) ada beberapa alasan anak tidak mau berterus terang tentang hal tersebut, diantaranya :
  1. merasa malu karena pernah ditindas;
  2. takut akan aksi balas dendam kalau orang dewasa diberitahu;
  3. mereka berpikir tidak ada orang yang dapat menolong mereka;
  4. mereka tidak berpikir kalau ada orang yang akan menolongnya.
Refrensi:
Coloroso, Barbara. (2007). Stop Bullying (Memutus Rantai Kekerasan Anak dari Prasekolah Hingga SMU). Jakarta: PT. Ikrar Mandiri abadi.
Copyright © 2014-2015 REFERENSI PENDIDIKAN Powered by Blogger - All Rights Reserved