REFERENSI PENDIDIKAN

Kelebihan Layanan Bimbingan Kelompok

http://ewintribengkulu.blogspot.com/2012/11/kelebihan-layanan-bimbingan-kelompok.html

Ada beberapa keuntungan yang mendukung diselenggarakan nya bimbingan kelompok, yakni sebagai berikut (Surya dan Natawidjaya dalam Rusmana, 2009).
  1. Bimbingan kelompok lebih bersifat efektif dan efisien.
  2. Bimbingan kelompok dapat memanfaatkan pengaruh-pengaruh seseorang atau beberapa orang individu terhadap anggota lainnya.
  3. Dalam bimbingan kelompok dapat terjadi saling tukar pengalaman diantara para anggotanya yang dapat berpengaruh terhadap perubahan tingkah laku individu.
  4. Bimbingan kelompok dapat merupakan awal dari konseling individual, sehingga bimbingan kelompok dapat dimanfaatkan untuk mempersiapkan individu yang akan mendapat layanan konseling.
  5. Bimbingan kelompok dapat menjadi pelengkap dari teknik konseling individual, dalam arti sebagai layanan tindak lanjut dari konseling individual.
  6. Bagi kasus-kasus tertentu, bimbingan kelompok dapat digunakan sebagai substitusi, yakni dilaksanakan karena kasus tidak dapat ditangani dengan teknik lain.
  7. Dalam bimbingan kelompok terdapat kesempatan untuk menyegarkan watak/pikiran.
Refrensi:

Rusmana, Nandang. (2008). Konseling Kelompok  Bagi  Anak  dengan Pengalaman Traumatik. Disertasi Pada PPS UPI Bandung: tidak diterbitkan.
Copyright © 2014-2015 REFERENSI PENDIDIKAN Powered by Blogger - All Rights Reserved