REFERENSI PENDIDIKAN

Keuntungan memiliki Pelanggan yang Loyal

http://ewintribengkulu.blogspot.com/2012/11/keuntungan-memiliki-pelanggan-yang-loyal.html

Griffin (2005:11-12) mngemukakan bahwa dengan memiliki konsumen yang loyal barati perusahaan akan memperoleh keuntungan, keuntungan tersebut antara lain:
  1. Menghemat biaya pemasaran, karena untuk menarik konsumen baru akan lebih mahal.
  2. Mengurangi biaya transaksi seperti biaya negosiasi, kontrak dan pemrosesan pemesanan.
  3. Mengurangi biaya turn over konsumen, karena jumlah konsumen yang meninggalkan perusahaan jumlahnya relatif sedikit.
  4. Meningkatkan penjualan silang yang akan memperbesar pangsa pasar Perusahaan, dimana konsumen yang loyal akan mencoba dan menggunakan produk lain yang ditawarkan perusahaan sehingga memperbesar pangsa pasar perusahaan.
  5. Word of the mouth yang lebih positif dengan asumsi bahwa pelanggan yang loyal juga berarti mereka merasa puas.
  6. Mengurangi biaya kegagalan, dalam arti biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan konsumen baru tidak menghasilkan apa-apa.
Refrensi:

Griffin, Jill. 2005. Customer Loyalty: Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan Edisi Revisi dan Terbaru. Diterjemahkan oleh Dr. Dwi Kartini Yahya. Erlangga: Jakarta.
Copyright © 2014-2015 REFERENSI PENDIDIKAN Powered by Blogger - All Rights Reserved