REFERENSI PENDIDIKAN

Konsep Continuity Marketing

http://ewintribengkulu.blogspot.com/2012/11/konsep-continuity-marketing.html

Parvatiyar dan Shainesh dalam Vanessa (2007:43) pemberian perhatian yang besar dalam upaya untuk mempertahankan pelanggan, menyebabkan banyak perusahaan berusaha mengembangkan program pemasaran berkesinambungan untuk mempertahankan pelanggan dan meningkatkan loyalitas mereka. Dalam pasar bisnis ke bisnis, program ini berbentuk program pelanggan khusus, perjanjian sourcing khusus termasuk single sourcing, dual soucing dan network sourcing, serta perjanjian sourcing in time. Premis dasar dari program ini adalah untuk mempertahankan pelanggan dan meningkatkan loyalitas melalui pelayanan khusus dalam waktu yang lama yang berpotensi untuk meningkatkan nilai saling pengertian dan terus mempelajari satu dengan lainnya.

Perusahaan dapat mencapai keberhasilan dengan menekankan pada retensi pelanggan yang membutuhkan program pemasaran tersebut menjamin interaksi antara pelanggan dan perusahaan. Kelangsungan program pemasaran memungkinkan perusahaan untuk mengembangkan membership relationship yang tidak hanya memiliki dapat mengetahui identitas pelanggan namun mencatat setiap transaksi setiap pelanggan yang dapat dikelola oleh perusahaan. Seperti upaya membantu perusahaan untuk mengerahkan upaya pemasaran dan sumber daya untuk sebagian pelanggan yang menguntungkan dengan melakukan identifikasi para konsumen yang sering melakukan penawaran pasar.

Program-program keanggotaan menjadi populer dikalangan pelanggan karena mereka merasa dihargai oleh perusahaan untuk keanggotaan mereka. Selain dari program keanggotaan, program dari continuity marketing tersebut dapat dilakukan dalam bentuk fasilitas yang diberikan pihak hotel berupa pemberian diskon, voucher dan complimentary gift yang merupakan nilai tambah tersendiri bagi pelanggan. Karena continuity marketing memiliki potensi untuk meningkatkan nilai bersama dengan memahami satu dengan yang lainnya. Karena itu mereka menghasilkan retensi pelanggan maupun loyalitas.

Adapun manfaat yang didapat dalam program continuity marketing diantaranya adalah:
  1. Membangun database pelanggan yang luas untuk memungkinkan perusahaan benar-benar memahami pelanggan dan mengantisipasi kebutuhan mereka.
  2. Membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan.
  3. Meningkatkan penjualan dan margin perusahaan.
  4. Meningkatkan loyalitas pelanggan.
Berdasarkan manfaat diatas dapat disimpulkan bahwa konsep utama program continuity marketing adalah bertujuan bukan saja memaksimalkan keuntungan dari transaksi tunggal tetapi membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan serta memperbaiki tingkat kepuasan pelanggan, meningkatkan loyalitas pelanggan dengan merubah pelanggan baru menjadi pelanggan reguler sehingga akhirnya dapat menjadi advokat yang aktif, serta meningkatkan pendapatan dari pelanggan yang ada dalam menghadapi persaingan yang tinggi dan berkembangnya biaya akuisisi pelanggan.

Refrensi:

Vanessa Gaffar.2007. CRM dan MPR Hotel. Alfabeta: Bandung.
Copyright © 2014-2015 REFERENSI PENDIDIKAN Powered by Blogger - All Rights Reserved