Konsep Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Pembelajaran

a. Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) merupakan penggabungan dua kata yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi. Teknologi Informasi merupakan segala hal yang berkaitan dengan proses dan penggunaan alat bantu untuk memanipulasi dan mengelola data-data/informasi. Menurut Lucas dalam Munir (2010: 9) mengemukakan bahwa:
Teknologi informasi adalah segala bentuk teknologi yang diterapkan untuk memproses dan mengirimkan informasi dalam bentuk elektronis, micro komputer, komputer mainframe, pembaca barcode, perangkat lunak pemroses transaksi, perangkat lunak lembar kerja (worksheet) dan peralatan komunikasi dan jaringan merupakan contoh teknologi informasi
Sedangkan Teknologi Komunikasi merupakan segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu yang berfungsi dalam memproses dan mentransfer data dari satu perangkat ke perangkat yang lain. Munir (2010:14) mengemukakan “Teknologi Komunikasi adalah perangkat-perangkat teknologi yang terdiri dari hardware, software, proses dan sistem yang digunakan untuk membantu proses komunikasi yang bertujuan agar komunikasi berhasil (komunikatif).”

Berdasarkan penjabaran dari pengertian Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi di atas, dapat dikatakan bahwa Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah suatu cara untuk mengolah dan memanipulasi data/informasi yang nantinya data yang sudah dimanipulasi dan diolah tersebut akan disampaikan dengan menggunakan alat bantu baik hardware maupun software dari satu perangkat teknologi ke perangkat teknologi lain yang bertujuan agar komunikasi dapat berjalan dengan lancar. Teknologi informasi lebih menekankan bagaimana pengolahan data dan informasi, sedangkan Teknologi komunikasi lebih menekankan pada penggunaan alat-alat elektronik demi tercapainya tujuan komunikasi.

Adapun ruang lingkup materi TIK meliputi:
  1. perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan untuk mengumpulkan, menyimpan, memanipulasi, dan menyajikan informasi
  2. penggunaan alat bantu untuk memproses dan memindah data dari satu perangkat ke perangkat lainnya. (http://litbangkemdiknas.net)
b. Tujuan Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi

Pesatnya kemajuan di bidang Teknologi dan Komunikasi tentu saja berpengaruh besar terhadap berbagai kehidupan manusia. Bahkan dewasa ini kegiatan dan perilaku manusia sebagian besar tergantung pada TIK. Secara garis besar tujuan diterapkanya kurikulum TIK pada jenjang SMP/MTs adalah sebagai berikut:
  1. memahami teknologi informasi dan komunikasi;
  2. mengembangkan keterampilan untuk memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi;
  3. mengembangkan sikap kritis, kreatif, apresiatif dan mandiri dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi;
  4. menghargai karya cipta di bidang teknologi informasi dan komunikasi.(http://litbangkemdiknas.net)
Dengan adanya mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di sekolah dimaksudkan agar peserta didik mampu mengatasi pesatnya perkembangan TIK tersebut.

Refrensi:

Munir. (2010). Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta