REFERENSI PENDIDIKAN

Manfaat Perencanaan Karir

http://ewintribengkulu.blogspot.com/2012/11/manfaat-perencanaan-karir.html

Siapapun yang menginginkan kesuksesan dalam karir perlu memiliki rencana karir (Dillard, 1985: 11). Perencanaan karir yang baik dapat menguntungkan individu dalam memasuki karir setelah lulus sekolah atau mereka yang kembali bekerja setelah lama menganggur. Hal ini juga dapat menguntungkan individu yang berubah karir baik dengan pilihan mereka sendiri (ketidakpuasan kerja) atau oleh keadaan di luar kendali mereka (PHK atau pensiun). Individu tidak hanya merencanakan kapan memulai karir, individu melakukannya secara berkala melalui hidupnya dalam menanggapi perubahan. Perencanaan yang dimaksud adalah perencanaan karir seumur hidup. Perencanaan karir seumur hidup mempertimbangkan bagaimana individu dan masyarakat akan berubah dalam tahun-tahun mendatang.

Dengan Menggunakan perencanaan karir seumur hidup, individu dapat mengidentifikasi keahliannya dan melanjutkan untuk menilai kebutuhannya. Perencanaan harus dipertimbangkan terus-menerus. Individu harus merancang rencana sekarang sehingga akan beradaptasi dengan perubahan dan akan menyediakan alternatif untuk masa depan.

Lebih lanjut Dillard (1985) menjelaskan beberapa manfaat yang diperoleh jika peserta didik mampu merencanakan karirnya yaitu sebagai berikut:
  1. Pengetahuan dan pemahaman tentang diri sendiri akan lebih meningkat.
  2. Mengetahui berbagai macam dunia karir.
  3. Cakap untuk membuat keputusan secara efektif.
  4. Memperoleh informasi yang terarah mengenai karir yang tersedia.
  5. Cakap memanfaatkan kesempatan karir yang sesuai dengan kemampuannya.
Refrensi:

Dillard, J.M. (1985). Life Long Career Planning. Ohio: Charles E. Merrill Publishing Co.
Copyright © 2014-2015 REFERENSI PENDIDIKAN Powered by Blogger - All Rights Reserved