REFERENSI PENDIDIKAN

Pengaruh Contunuity Marketing dan One To One Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan

http://ewintribengkulu.blogspot.com/2012/11/pengaruh-cuntunuity-marketing-dan-one-to-one-marketing-terhadap-loyalitas-pelanggan.html

Parvatiyar dan Shainesh dalam Vanessa (2007:43) pemberian perhatian yang besar dalam upaya untuk memperthankan pelanggan, menyebabkan banyak perusahaan berusaha mengembangkan program pemasaran berkesinambungan untuk mempertahankan pelanggan dan meningkatkan loyalitas mereka.

Premis dasar dari program ini adalah untuk mempertahankan pelanggan dan meningkatkan loyalitas melalui pelayanan khusus dalam waktu yang lama yang berpotensi untuk meningkatkan nilai saling pengertian dan terus mempelajari satu dengan lainnya.

Menurut Neeraj Arora (2008:306), dikatakan bahwa kegiatan one to one marketing merupakan cara perusahaan untuk memahami keinginan setiap pelanggannya. Dengan kegiatan one to one marketing diharapkan pelanggan akan merasa loyal karena setiap keinginan pelanggan berusaha untuk dipenuhi perusahaan. Kegiatan one to one marketing tersebut merupakan interaksi secara individu dengan pelanggan perusahaan tersebut dengan cara menyesuaikan kebutuhan dan keinginan masing-masing pelanggan perusahaan.

Berdasarkan penelitian-penelitian terdahulu tersebut dapat dikatakan bahwa program continuity marketing dan one to one marketing merupakan perkembangan dari customer relationship management dimana kegiatan dari program tersebut merupakan bentuk dari proses dalam membangun hubungan jangka panjang antara perusahaan dengan pelanggan sehingga pelanggan loyal terhadap perusahaan.

Refrensi:
  1. Vanessa Gaffar.2007. CRM dan MPR Hotel. Alfabeta: Bandung.
  2. Neeraj Arora. 2008. Putting one-to-one marketing to work: personalization, customization and choice. Market Lett 19: 305-312
Copyright © 2014-2015 REFERENSI PENDIDIKAN Powered by Blogger - All Rights Reserved