REFERENSI PENDIDIKAN

Pengertian Computer Based Instruction (CBI)

http://ewintribengkulu.blogspot.com/2012/11/pengertian-cumputer-based-instruction-CBI.html

a. Pengertian Computer Based Instruction (CBI)

Computer Based Instruction (CBI) merupakan istilah yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran yang menggunakan komputer dalam proses belajar mengajarnya. CBI merupakan istilah umum untuk segala kegiatan belajar yang menggunakan komputer, baik sebagian maupun secara keseluruhan (Hermawan, 2003 : 31). Selanjutnya Munir mengungkapkan dalam bukunya bahwa peran yang dimainkan oleh komputer dalam kelas tergantung kepada tujuan pengajaran dan pembelajaran itu sendiri (Munir, 2008 : 97). Langkah-langkah berikut berguna untuk memastikan bahwa komputer memainkan peranan yang terbaik sebagai alat bantu mengajar untuk meningkatkan mutu pengajaran dan pembelajaran (Bramble dalam Munir, 2008 : 97), yaitu:
  1. Menentukan sasaran dan tujuan pengajaran dan pembelajaran.
  2. Membuat isi pengajaran dan menentukan dimana serta bagaimana komputer bisa digunakan secara efektif di dalamnya.
  3. Memberikan penilaian terhadap metodologi yang ada (secara konvensional) untuk menentukan di mana komputer bisa digunakan untuk meningkatkan pencapaian sasaran dan tujuan pengajaran dan pembelajaran.
  4. Memberi penilaian terhadap metodologi yang ada (secara konvensional) untuk menentukan bagaimana kekurangan dalam metodologi yang diharapkan  dapat diperbaiki untuk memaksimalkan penggunaan komputer secara lebih efektif.
  5. Merancang proses pengajaran dan pembelajaran serta operasionalnya sesuai hasil kajian yang diperoleh dari keempat langkah-langkah sebelumnya.
b. Konsep CBI di dalam pembelajaran 

Pembelajaran berbasis komputer di dalam kelas pada hakekatnya tidak dapat berdiri sendiri. Dibutuhkan kerjasama diantara setiap pihak di dalam kelas. Walaupun dalam CBI ini komputer memegang peranan vokal, namun posisi guru tidak bisa digantikan sepenuhnya. Peran guru yang pada konsep pembelajaran tradisional bersifat sebagai mediator dan pusat pembelajaran, pada konsep CBI guru lebih berperan sebagai organisator dan fasilitator pembelajaran. Sebagaimana yang diungkapkan oleh Davis dalam bukunya bahwa sistem pembelajaran menyangkut pengorganisasian dari perpaduan antara manusia, pengalaman belajar, fasilitas, pemeliharaan atau pengontrolan dan prosedur yang mengatur interaksi perilaku pembelajaran untuk mencapai tujuan (Davis, 1974 : 30). Oleh karena itu, guru harus memenuhi kualifikasi tertentu agar berperan dengan baik dalam pembelajaran berbasis komputer. 

Di semua bidang teknologi, kepakaran dari pengguna dalam menggunakan suatu teknologi merupakan faktor  yang dapat menentukan keberhasilan teknologi tersebut. Demikian pula dengan pengguna TIK di dalam kelas. Meskipun kebanyakan software multimedia memiliki ciri-ciri mudah digunakan (user friendly) tetapi kemahiran pengajar dan peserta didik menggunakan software multimedia merupakan faktor penting dalam menentukan  keberkesanannya dalam proses belajar mengajar (Munir, 2008 : 99).

Selanjutnya Bramble mengemukakan kemampuan yang harus dimiliki oleh pengajar (Bramble dalam Munir, 2008 : 98) dalam hal ini meliputi:
  1. Pengoperasian dan pemeliharaan perangkat keras.
  2. Pengetahuan tentang pemilihan perangkat lunak yang sesuai untuk pengajaran.
  3. Integrasi pengajaran dan pembelajaran melalui komputer dalam kurikulum.
  4. Teknik-teknik pengajaran menggunakan komputer. 
  5. Pengetahuan tentang fungsi bantuan pengajaran (instructional support functions) yang disediakan oleh suatu komputer.
  6. Kepekaan terhadap teknologi terkini.
Adapun kemampuan yang harus dimiliki oleh peserta didik dalam pembelajaran berbasis TIK meliputi :
  1. Pengetahuan dalam mengoperasikan perangkat keras.
  2. Kemampuan digunakan. dalam mengoperasikan perangkat lunak yang
  3. Pemahaman tentang pengoperasian dan peraturan-peraturan keamanan dalam penggunaan perangkat keras dan lunak.
  4. Pengetahuan tentang tindakan yang perlu dilakukan apabila masalah - masalah yang terjadi kemudian bermunculan.
Copyright © 2014-2015 REFERENSI PENDIDIKAN Powered by Blogger - All Rights Reserved