Kelompok Kerja Guru KKG

Guru memiliki peranan yang sangat penting dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolah, khususnya pada jenjang pendidikan dasar yang memberikan bekal kemampuan peserta didik dengan pengetahuan dan keterampilan dasar. Oleh karena itu, kemampuan atau kompetensi guru perlu untuk selalu dibina dan ditingkatkan, supaya dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dapat menciptakan kinerja yang baik. Sebagai upaya dalam membina atau meningkatkan kemampuan guru di sekolah dasar salah satunya adalah melalui KKG. “KKG merupakan wadah atau forum kegiatan profesional bagi para guru Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah di tingkat gugus atau kecamatan yang terdiri dari sejumlah guru dari sejumlah sekolah.” (Depdiknas, 2009:6).

KKG adalah wadah pertemuan bagi para guru sekolah dasar yang tergabung dalam organisasi gugus sekolah. Pembentukkan KKG dalam gugus sekolah dasar tersebut telah dibakukan melalui Surat Keputusan Dirjen Dikdasmen No. 079/C/Kep/I/93 tentang Pedoman Pelaksanaan Sistem Pembinaan Profesional Guru Melalui Pembentukan Gugus Sekolah di Sekolah Dasar. Berdasarkan surat keputusan tersebut menjelaskan bahwa : “Kelompok Kerja Guru (KKG) adalah suatu wadah pembinaan profesional bagi para guru yang tergabung dalam organisasi gugus sekolah dalam rangka peningkatan mutu pendidikan.” Gugus sekolah terdiri dari 3-8 sekolah dasar yang berada di tingkat kecamatan, di dalamnya terdapat perangkat gugus yang memiliki tujuan dan semangat untuk maju bersama dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan.

KKG merupakan wadah pembinaan profesional guru yang memberikan bantuan serta layanan terhadap kemampuan profesional guru. Segala bentuk usaha yang dilakukan oleh guru untuk menciptakan proses belajar mengajar yang efektif di kelas dapat dibahas bersama-sama di KKG, dan juga permasalahan yang muncul dalam proses belajar mengajar dapat dicarikan solusinya melalui program bedah masalah di KKG. “KKG adalah wadah kerjasama guru-guru dan sebagai tempat mendiskusikan masalah yang berkaitan dengan kemampuan profesional, yaitu dalam hal merencanakan, melaksanakan, dan menilai kemajuan murid.” 

Depdikbud (1994:44). Begitu pun informasi yang up to date dan aktual tentang pendidikan dapat disebarluaskan melalui wadah ini. Untuk itu, para guru dapat bekerja sama saling mengisi satu sama lain dan bertukar pikiran dalam memecahkan masalah dengan semangat kebersamaan dan rasa kekeluargaan.

Senada dengan pendapat Djam’an Satori (Rusdiana, 2011:4) bahwa : KKG adalah wadah kerjasama yang mempertemukan kebutuhan profesional guru-guru. Melalui wadah ini guru-guru memiliki kesempatan untuk berfikir dan bekerja sebagai satu kelompok dalam mengidentifikasi dan memecahkan masalah yang mereka hadapi sehari-hari di bidang supervisi dalam upaya memperbaiki pengajaran.

Depdiknas (2005:91) menjelaskan bahwa : “KKG adalah wadah kerjasama guru-guru untuk bersama-sama belajar melalui kegiatan-kegiatan yang digagas, dilaksanakan dan dievaluasi bersama.” Kegiatan-kegiatan untuk dibahas dan dipecahkan pada forum KKG diantaranya : penyusunan program pembelajaran dan persiapan harian, perencanaan KBM yang menantang, pembuatan dan penggunaan alat bantu pelajaran, pemanfaatan sumber-sumber belajar, penilaian hasil kemajuan anak, pengelolaan kelas, penataan pajangan kelas, penggunaan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar dan kegiatan lain yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran. Dengan berbagai kegiatan tersebut, diharapkan kemampuan profesional guru-guru dapat ditingkatkan. Dengan kata lain, kemampuan profesional guru-guru bisa ditingkatkan melalui berbagai kegiatan yang dilakukan di KKG.

Pembinaan melalui KKG sering disebut sebagai pembinaan teman sejawat atau pembinaan secara berkelompok, karena kegiatan pembinaan yang dilakukan merupakan kegiatan saling memberikan bantuan antar guru-guru yang kompak dan akrab dalam setiap pertemuannya. Sebagaimana yang dikemukakan oleh A.F Tangyong dkk. (Hendriana, 2003:29), bahwa : “Kelompok Kerja Guru adalah wadah pertemuan profesional guru yang aktif, kompak, akrab, karena masalah yang dibahas adalah dari guru, oleh guru, dan untuk guru.”

Sedangkan menurut Hasibuan Botung (2008), Pengertian dan Sejarah Berdirinya KKG [online]. Tersedia : http://www.ucokhsb.blogspot.com. [28Oktober 2011], mengatakan bahwa : Kelompok kerja guru (KKG) merupakan suatu wadah dalam pembinaan kemampuan profesional guru, pelatihan dan tukar menukar informasi, dalam suatu mata pelajaran tertentu sesuai dengan tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Dari pemaparan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa KKG adalah wadah pembinaan profesional guru yang tergabung dalam gugus sekolah dasar untuk meningkatkan mutu pendidikan melalui kegiatan-kegiatan yang digagas, dilaksanakan dan dievaluasi secara bersama-sama.

Refrensi:
  1. Rusdiana. (2011). Pengaruh Kelompok Kerja Guru dan Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Mengajar Guru Sekolah Dasar di Wilayah IV Kabupaten Sumedang. Tesis pada SPS UPI Bandung: tidak diterbitkan.
  2. Hendriana, D. (2003). Pengaruh Kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) dan Latar Belakang Pendidikan Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar di Lingkungan Cabang Dinas Pendidikan Kecamatan Subang. Tesis pada SPS UPI Bandung: tidak diterbitkan.