REFERENSI PENDIDIKAN

Pengertian Kinerja

http://ewintribengkulu.blogspot.com/2012/11/pengertian-kinerja.html

Istilah kinerja sering digunakan dalam penelitian yang bersifat ilmiah berkenaan dengan proses kerja yang telah dilakukan oleh individu atau kelompok. Hal ini berkenaan dengan tujuan dari proses kerja yang telah ditetapkan sebelumnya. Menurut Lembaga Administrasi Negara, kinerja dapat diartikan sebagai gambaran mengenai tingkat pencapaian pelaksanaan suatu kegiatan/program/ kebijakan dalam mewujudkan sasaran, tujuan, visi organisasi (Widodo, 2000:206).

Sejalan dengan pendapat di atas BPKP memberikan pengertian tentang kinerja ini adalah gambaran mengenai tingkat pencapaian pelaksanaan suatu program dalam mewujudkan sasaran, tujuan, misi dan visi yang tertuang dalam perumusan perencanaan strategi (strategis planning) suatu organisasi (2009:9). Kinerja merupakan tingkat efisiensi dan efektifitas serta inovasi dalam pencapaian tujuan oleh pihak organisasi, juga merupakan gambaran mengenai sejauhmana keberhasilan atau kegagalan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi instansi dalam mencapai tujuan, visi, misi yang telah ditetapkan sebelumnya.

Pendapat lain yang dilontarkan mengenai pengertian kinerja ini dapat kita lihat dari pengertian yang diberikan Wasistiono (2003:47) yakni kinerja adalah hasil kerja yang dicapai oleh seorang pegawai dalam melaksanakan tugas yang dibebankan kepadanya.

Sejalan dengan pendapat di atas tadi, Bagir Manan (1992) memberikan pengertian tentang kinerja yaitu suatu hasil kerja yang dicapai seseorang dalam melaksanakan tugas-tugas yang dibebankan kepadanya yang didasarkan pada kecakapan, pengalaman, dan kesungguhan serta waktu.

Dari beberapa pengertian di atas dapat dipahami bahwa kinerja adalah sebuah proses baik secara kualitas maupun kuantitas yang dicapai oleh seorang pegawai atau karyawan dari hasil perpaduan atau interaksi antara kemampuan, motivasi dan kesempatan dalam melaksanakan tugas sesuai dengan tanggung jawab yang diberikannya. Sesuai dengan keleluasan administrasi dan manajemen menurut Buchari (1992:22) ada butir-butir pokok kepegawaian yang relevan dengan pegawai atau mereka yang merupakan sumber daya manusia dari pemerintah Negara Indonesia antara lain:
  1. Pencatatan dan pendaftaran potensi sumber daya manusia
  2. Perumusan dan penetapan kebijaksanaan kepegawaian
  3. Pemeliharaan pegawai dan pengganjaran atas prestasi
  4. Penilaian pegawai dan pengukuran prestasi kerja
  5. Peningkatan mutu dan produktifitas kerja pegawai
  6. Pengendalian dan pengawasan kepegawaian
Refrensi:
  1. Wasistiono, Sadu (2002). Manajemen Sumber Daya Aparatur Pemerintah Daerah Bandung: Fokus Media.
  2. Manan, Bagir (1992). Beberapa Hal Disekitar Otda Sebagai Sistem Penyelenggaraan Pemerintah, Majalah Pajajaran Jilid V oktober 1992.Bandung: Bina Cipta
Pengertian Kinerja, Pada: 2:28 AM
Copyright © 2014-2015 REFERENSI PENDIDIKAN Powered by Blogger - All Rights Reserved