REFERENSI PENDIDIKAN

Sejarah Penjelajahan bangsa Perancis, Belanda Ke Amerika

http://ewintribengkulu.blogspot.com/2012/11/sejarah-bangsa-perancis-ke-amerika.html

Penjelajahan bangsa Perancis ke Amerika dimulai oleh Giovanni da Verazzuno (1524) yang menjelajah pantai Atlantik dan mencari sungai yang bisa dilayari ke arah daratan Sepulun tahun kemudian, Jacques Cartier mengeksplorasi Newfoundland dan menjelajah Sungai St. Lawrence yang diangapnya sebagai jalan lintas menuju daratan China. Dalam tahun 1608 Samuel de Champlain melakukan sebelas kali eksplorasi ke Amenka Utara dan menemukan Quebec. Daerah yang sekarang menjadi wilayah Kanada tersebut dihuni oleh orang-orang keturunan Perancis.

Bangsa Belanda menyusul bangsa Portugis dan Spanyol melakukan penjelajahan dunia termasuk ke Amenka. Para penjelajah Belanda sudah banyak yang mendarat di kepulauan Indonesia sejak tahun 1600-an, terutama setelah tibanya kapal Cornelis de Houtman di Banten tahun 1596. Pada tahun 1602 para penjelajan dan pedagang Belanda telah mendirikan perserikatan dagang Belanda di Indonesia dengan nama VOC. Organisasi dagang tersebut merupakan alat untuk melaksanakan kolonialisme Belanda di Indonesia dan Sri Lanka. Kolonisasi Belanda di Amerika dimulai sejak didirikannya West India Company di Pulau Manhattan tahun 1624 sebagai pangkalan dagang kulit binatang di kawasan Amerika. 

Pada tahun 1650 organisasi dagang Belanda di Amerika Selatan berhasil merebut beberapa pangkalan dagang Spanyol dan Portugal sehingga akhirnya organisasi itu mampu mengontrol jaringan dagang antara Amerika dan Eropa. Belanda juga mendirikan koloni di New Netherland. Namun demikian koloni tersebut tidak berkembang, bahkan tahun 1664 koloni tersebut direbut oleh Inggeris dan diganti dengan nama New York. Belanda lebih tertarik terhadap koloninya di Asia, Indonesia.


Refrensi:

Supriana, Nana. 2012. Bangsa Amerika. Tidak Diterbitkan.
Copyright © 2014-2015 REFERENSI PENDIDIKAN Powered by Blogger - All Rights Reserved