Sejarah Pendidikan Islam

a. Pengertian Sejarah Pendidikan Islam 

Kata sejarah dalam bahasa Arab disebut tarikh yang berarti ketentuan masa. Sedangkan menurut istilah sejarah berarti keterangan yang terjadi dikalangannya pada masa yang telah lampau atau pada masa yang masih ada. Kata tarikh juga dipakai dalam arti perhitungan tahun baik sesudah atau sebelum masehi. Kemudian yang dimaksud dengan ilmu tarikh adalah suatu pengetahuan yang gunanya untuk mengetahui keadaan- keadaan atau kejadian- kejadian yang telah lampau maupun yang sedang terjadi dikalangan umat.
Dalam bahasa inggris sejarah disebut history yang berarti pengalaman masa lampau dari pada umat manusia. Kemudian sebagai cabang ilmu pengetahuan sejarah mengungkap peristiwa-peristiwa masa silam, baik peristiwa sosial, politik, ekonomi, agama dan budaya dari suatu bangsa, negara atau dunia.

Pokok persoalan sejarah senantiasa akan sarat dengan pengalaman penting yang menyangkut perkembangan keseluruhan keadaan masyarakat. Menurut Sayid Quthub sejarah bukanlah peristiwa-peristiwa, melainkan tafsiran peristiwa itu dan pengertian mengenahi hubungan nyata dan tidak nyata yang menjalin seluruh bagian serta memberinya dinamisme dalam waktu dan tempat. Sedangkan  yang dimaksud  dengan pendidikan Islam yaitu proses bimbingan peserta didik ke arah terbentuknya pribadi muslim yang baik (insan kamil) untuk mencapai keberhasilan dan kemajuan pendidikan Islam. Menurut Zakiah Derajat pendidikan Islam merupakan pendidikan yang lebih banyak ditujukan  kepada perbaikan sikap mental yang akan terwujud dalam amal perbuatan, baik keperluan diri sendiri maupun orang lain yang bersifat teoritis dan praktis ( Zakiah Derajat, 1996,: 25 ). Dengan demikiian pendidikan Islam merupakan proses bimbingan dari pendidik terhadap perkembangan jasmani, rohani dan akal peserta didik ke arah terbentuknya pribadi muslim yang baik.

Dari beberapa pengertian di atas maka dapat dirumuskan tentang pengertian ” Sejarah Pendidikan Islam ”  sebagai berikut :
  1. Keterangan mengenahi pertumbuhan dan perkembangan pendidikan Islamdari waktu ke   waktu lain sejak zaman lahirnya Islam sampai dengan masa sekarang
  2. Cabang ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan pertumbuhan dan perkembangan pendidikan Islam, baik dari segi ide dan konsepsi maupun segi institusi dan operasionalisasi sejak zaman nabi Muhammad SAW sampai sekarang.
b. Periodesasi Sejarah Pendidikan Islam

Sejarah pendidikan Islam pada hakekatnya tidak terlepas dari sejarah Islam. Oleh sebab itu periodesasi sejarah pendidikan Islam dapat dikatakan dalam periode- periode sejarah Islam itu sendiri. Secara garis besar Dr. Nasution membagi sejarah ke dalam tiga periode, yaitu  periode klasik, pertengahan dan modern.
Kemudian perinciannya dapat dibagi menjadi 5 masa, yaitu: 
  1. Masa hidupnya Muhammad SAW ( 571- 632 M) 
  2. Masa khulafaur Rosyidin (632- 661 M) 
  3. Masa kekuasaan umawiyah di Damsyik ( 661- 750 M)
  4. Masa kekuasaan Abbasiyah di Bagdad (750- 1250 M)
  5. Masa dari jatuhnya kekholifahan di Bagdad tahun 1250 M sampai sekarang.
Pembagian 5 masa di atas dalam kaitannya dengan periodesasi sejarah pendidikan Islam berkaitan dengan sejarah Islam di Indonesia dengan fase sebagai berikut: 
  1. Fase datangnya Islam ke Indonesia
  2. Fase pengembangandengan melalui proses adaptasi
  3. Fase berdirinya kerajaan- kerajaan Islam ( proses politik) 
  4. Fase datangnya orang barat ( zaman penjajahan orang Barat ( zaman penjajahan)
  5. Fase penjajahan Jepang
  6. Fase Indonesia merdeka
  7. Fase pembangunan
Dengan demikian periodesasi tentang sejarah pendidikan Islam mencakup periode sejarah Islam yang terjadi dalam kawasan dunia Islam dan kawasan Indonesia yang erat kaitannya dengan kepentingan studi atau kajian Islam di Indonesia.