Teori Geopolitik

Dalam pengertian secara umum atau luas, teori geopolitik adalah teori yang menjelaskan tentang hubungan antara politik dan teritori atau wilayah kekuasaan baik dalam skala lokal maupun skala internasional. Dalam penulisan ini teori geopolitik memiliki keterkaitan dengan peristiwa Pertempuran Stalingrad khususnya atau peperangan di Front Timur umumnya. Hal ini dikarenakan baik Jerman maupun Uni Soviet berperang untuk memperebutkan wilayah-wilayah strategis di Eropa Timur dengan menjalankan kebijakan- kebijakan politik yang mengarah pada tujuan tersebut. Teori geopolitik yang akan dimasukan dalam penulisan ini diantaranya teori geopolitik Heartland atau jantung dunia yang dicetuskan oleh Halford Mackinder dalam Ismailov dan Papava (2006). Teori geopolitik tersebut akan digunakan dalam penulisan ini karena memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap peristiwa yang diangkat dalam penulisan ini. Teori Heartland adalah sebuah teori yang menyatakan bahwa sebuah negara, bangsa, atau imperium akan mampu menguasai wilayah jantung dunia (Ismailov dan Papava, 2006:84).
Wilayah jantung dunia yang dimaksud oleh Mackinder dalam teorinya adalah wilayah Eurasia. Dalam teori ini, Mackinder menyatakan bahwa wilayah Eurasia yang dimaksud adalah wilayah Eropa Timur. Mackinder beralasan bahwa sebuah kekuatan Eropa perlu untuk menyatukan wilayah Eropa Timur dan Russia untuk menguasai dunia, karena wilayah-wilayah tersebut memiliki nilai strategis sebagai pintu atau rute ke benua Asia dan memiliki sumber daya alam yang melimpah. Selain itu Mackinder melihat bahwa Eropa atau dunia Barat seringkali mendapat ancaman invasi dari bangsa-bangsa di wilayah Eurasia yang berjumlah besar dalam sejarahnya, sehingga wilayah tersebut harus dikuasai oleh bangsa Eropa agar ancaman tersebut lenyap dan stabilitas di benua Eropa dapat terjamin (Ismailov dan Papava, 2006: 90). Teori Mackinder ini dalam sejarahnya diterapkan oleh Hitler dalam menjalankan kebijakan ekspansionismenya ke arah timur Jerman karena alasan-alasan yang dikemukakan dalam teori ini ketika Perang Dunia II.

Refrensi:

Ismailov, E dan Papava, V. (2006) The Heartland Theory and the Present-Day Geopolitical Structure of Central Eurasia. Tersedia: http://rapidshare.com/HeartlandTheory_2011.pdf.html