REFERENSI PENDIDIKAN

Tingkatan Loyalitas Pelanggan

http://ewintribengkulu.blogspot.com/2012/11/tingkatan-loyalitas-pelanggan.html

Setiap perusahaan memiliki peluang yang lebih besar untuk membentuk calon pembeli menjadi pelanggan yang loyal dan klien perusahaan. Menurut Hill dalam Hurriyati (2010:132) menemukakan bahwa tingkatan loyalitas itu terdiri dari :

1. Suspect

Semua orang yang mungkin akan membeli barang/jasa perusahaan. Kita menyebutnya sebagai suspect karena yakin bahwa mereka akan membeli tetapi belum tahu tentang apapun mengenai perusahaan serta barang dan jasa yang ditawarkan.

2. Prospect

Adalah orang-orang yang memiliki kebutuhan dakan produk atau jasa tertentu yang mempunyai kemampuan untuk membelinya. Walaupun belum melakukan pembelian, mereka telah mengetahui keberadaan perusahaan serta barang/jasa yang ditawarkan, karena seseorang telah merekomendasikan tentang barang/jasa kepadanya.

3. Disqualifed Prospect

Merupakan prospect yang telah mengetahui keberadaan barang/jasa tertentu, tetapi tidak mempunyai kebutuhan akan barang/jasa atau tidak mempunyai kemampuan untuk membeli barang/jasa tersebut.

4. First Time Customer

Adalah pelanggan yang membeli untuk pertama kalinya. Mereka masih merupakan pelanggan baru perusahaan.

5. Repeat Customer

Adalah pelanggan yang telah melakukan pembelian suatu produk sebanyak dua kali atau lebih. Mereka melakukan pembelian atas produk atau jasa yang sama sebanyak dua kali atau lebih atau membeli dua macam produk/jasa yang berbeda dalam dua kesempatan yang berbeda yan 
berbeda pula.

6. Client

Merupakan pelanggan yang membeli semua produk/jasa yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan mereka. Pembelian dilakukan secara teratur.Hubungan mereka dengan perusahaan sudah kuat dan berlangsung lama yang membuat mereka tidak terpengaruh dengan daya tarik produk atau jasa pesaing.

7. Advocate

Seperti layaknya klien, advocates membeli seluruh barang/jasa yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhannya serta melakukan pembelian secara teratur. Di samping itu, mereka juga memberikan rekomendasi tentang produk/jasa dan mendorong orang lain untuk melakukan pembelian produk/jasa perusahaan. Advocates membicarakan produk atau jasa tersebut dan melakukan usaha pemasaran serta membawa pelanggan baru untuk perusahaan.

8. Partners

Merupakan bentuk yang paling kuat antara pelanggan dengan perusahaan dan berlangsung terus menerus karena kedua belah pihak melihatnya sebagai hubungan yang saling menguntungkan. Proses menumbuhkan pelanggan yang loyal ialah dengan cara mengarahkan mereka melalui tahap-tahap perkembangan seperti yang telah diuraikan diatas, akan tetapi perusahaan harus memilih metode yang paling efektif dan efisien, karena biaya merupakan tantangan bagi perusahaan.

Refrensi:

Ratih Hurriyati. 2010. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Alfabeta: 
Bandung.
Copyright © 2014-2015 REFERENSI PENDIDIKAN Powered by Blogger - All Rights Reserved