REFERENSI PENDIDIKAN

Karakteristik Peserta didik yang memiliki motivasi belajar tinggi dan rendah

http://ewintribengkulu.blogspot.com/2013/04/ciri-ciri-motivasi-belajar-tinggi.html

Tinggi rendahnya motivasi belajar menunjukkan pada perbedaan kecenderungan individu dalam berusaha untuk meraih suatu prestasi. Karakteristik individu yang memiliki motivasi belajar tinggi, Ibrahim (Nisriyana, 2007: 25) :
  1. Senang bekerja keras unuk mencapai keberhasilan.
  2. Selalu khawatir mengalami kegagalan
  3. Cenderung bertindak atau menetapkan suatu pilihan yang realistis.
  4. Senang berkompetisi yang sehat
  5. Bertanggung jawab atas pilihan atau perbuatannya.
Terdapat enam karakteristik siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi menurut Sudjana (Farozin, 2011:57), yaitu :
  1. Kesenangan atau kenikmatan untuk belajar, berarti menaruh perhatian dan minat terhadap kegiatan-kegiatan belajar dan merasa senang mengarjakan tugas-tugas sekolah dan rumah.
  2. Orientasi terhadap penguasaan materi, suatu kemampuan yang dimiliki siswa dalam menguasai materi-materi yang didapat di kelas.
  3. Hasrat ingin tahu, keinginan siswa dalam mencari hal-hal baru.
  4. Keuletan dalam mengerjakan tugas, siswa memusatkan sepenuhnya untuk menyelesaikan tugas dan tidak mudah menyerah atau putus asa.
  5. Keterlibatan pada tugas, siswa tekun dalam mengerjakan tugas, berkonsentrasi pada tugas dan meluangkan waktu untuk belajar.
  6. Orientasi terhadap tugas-tugas yang menantang, sulit dan baru.
Refrensi Rujukan :
  1. Mc. Clelland, Atkinson, Clark & Lowell. (1953). The Achievment Motive. New York: Halsted Press.
  2. Mc.Clelland, D. C .(1985). Human Motivation. Illinois : Scott, Foresman & Company.
  3. Nasution. (2004). Sosiologi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara
  4. Natawidjaja, Rochman. (2009). Konseling Kelompok,konsep Dasar dan Pendekatan . Bandung : Rizqi Press
  5. Nisriyana, Ela. (2007). Hubungan interaksi sosial dalam kelompok Teman sebaya dengan motivasi belajar siswa. Skripsi Sarjana pada Fip UNNES Semarang : tidak diterbitkan.
  6. Surya, Mohamad. (2003). Psikologi Konseling. Bandung : Pustaka Bani Quraisy
  7. Syamsudin, Makmun Abin. (2003). Psikologi Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosda Karya
  8. Uno, Hamzah B. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta : Bumi Aksara.
  9. Widiastuty, Isti Larasati. (2011). Indeks Pembangunan Manusia. BPS Kota Bandung
  10. Winkel, W.S. (2009). Bimbingan di Institusi Pendidikan. Jakarta : Grafindo
  11. Yusuf, Syamsu. (2009). Program Bimbingan dan Konseling di sekolah. Bandung : Rizqi Press
  12. Yusuf, Syamsu dan Nurikhsan, Juntika. (2006). Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Copyright © 2014-2015 REFERENSI PENDIDIKAN Powered by Blogger - All Rights Reserved