REFERENSI PENDIDIKAN

Definisi dan Teori Kreativitas

http://ewintribengkulu.blogspot.com/2013/04/definisi-dan-teori-kreativitas.html

Roger (dalam Munandar, 2002) menekankan bahwa sumber dari kreativitas adalah kecenderungan untuk mengaktualisasikan diri, mewujudkan potensi, dan dorongan untuk berkembang serta kecenderungan untuk mengekspresikan dan mengaktifkan semua kemampuan organisme.

James J. Gallagher (dalam Craft. A, 2000) mengatakan bahwa “creativity is a mental process by which an individual creates new ideas or products or recombines existing ideas and product, in fashion that is novel to him or her” (Kreativitas merupakan suatu proses mental yang dilakukan individu berupa gagasan dan produk baru, serta mengkombinasikan antara keduanya yang pada akhirnya akan melekat pada dirinya).

Solehuddin (2004) berpendapat bahwa kreativitas merupakan kemampuan berfikir dan berperilaku untuk menghasilkan sesuatu yang baru dengan bercirikan keaslian, kelancaran, keluwesan dan kekayaan ide. 

Sejalan pendapat Guilford, (1968: p. 75) kreativitas sebagai kemampuan berfikir kreatif yaitu kemampuan dalam memberikan macam-macam kemungkinan jawaban berdasarkan informasi yang diberikan, dengan penekanan pada keragaman kuantitas dan kesesuaian yang ditandai dengan kelancaran, keluwesan, keaslian, dan kekayaan ide.

Dari uraian definisi kreativitas, disimpulkan kreativitas siswa merupakan proses kemampuan berfikir, untuk melahirkan ide, gagasan yang banyak, unik dan benar, bersifat imajinatif, yang ditandai dengan kelancaran, keluwesan, dan keaslian.

Refrensi Rujukan :
  1. Munandar, U. (1992). Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: Gramedia.
  2. Solehuddin, M. (2004). Pedagogia Jurnal Ilmu Pendidikan. (2). 77-78. Bandung: FIP. UPI.
  3. Craft, Anna. (2000). Creativity Across The Primary Curriculum. London: University of London Press.
Copyright © 2014-2015 REFERENSI PENDIDIKAN Powered by Blogger - All Rights Reserved