REFERENSI PENDIDIKAN

Karakteristik Siswa Sekolah Menengah Pertama

http://ewintribengkulu.blogspot.com/2013/04/karakteristik-siswa-sekolah-menengah.html

Siswa sekolah menengah pertama (SMP) termasuk dalam masa pubertas. Masa puber adalah periode yang unik dan khusus yang ditandai oleh perubahan-perubahan perkembangan tertentu yang tidak terjadi dalam tahap-tahap lain dalam rentang kehidupan. Ciri-ciri masa puber menurut Hurlock (1980:184) yang terpenting diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Masa puber adalah periode tumpang tindih, karena mencakup tahun- tahun akhir masa kanak-kanak dan tahun-tahun awal masa remaja. Sampai anak matang secara seksual, ia dikenal sebagai anak puber. Setelah matang secara seksual, anak dikenal remaja atau remaja muda.
  2. Masa puber adalah periode yang singkat, masa puber relatif merupakan periode yang singkat, sekitar dua sampai empat tahun. Sebagai kelompok, anak perempuan cenderung lebih cepat matangdaripada kelompok anak laki-laki, tetapi terdapat perbedaan yang mencolok dalam setiap kelompok.
  3. Masa puber dibagi dalam tahap-tahap, masa puber relatif merupakan periode yang singkat dalam rentang kehidupan, namun biasanya dibagi menjadi tiga tahap, yaitu tahap prapuber, tahap puber, dan tahap pascapuber.
  4. Masa puber merupakan masa pertumbuhan dan perubahan yang pesat, masa puber adalah salah satu dari dua periode dalam rentang kehidupan yang ditandai oleh pertumbuhan yang pesat dan perubahan yang mencolok dalam proporsi tubuh. Masa puber merupakan fase negatif, Charlotte Buhler menamakan masa puber sebagai fase negatif. Istilah fase mununjukkan periode yang berlangsung singkat, negatif berarti bahwa individu mengambil sikap anti terhadap kehidupan atau kelihatannya kehilangan sifat-sifat baik yang sebelumnya sudah berkembang.
  5. Pubertas terjadi pada berbagai usia, variasi pada usia saat terjadinya pubertas dan dalam waktu yang diperlukan untuk proses ini menimbulkan banyak masalah pribadi maupun sosial bagi anak laki-laki dan anak perempuan.
Refrensi Rujukan :

Hurlock. Elizabeth B. (1980). Developmental Psycology A Life-Span Approach Fifth Edition. Alih Bahasa, Drs. Istiwidayanti dan Drs. Soedjarwo, M.Sc. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang KehidupanJakarta: Penerbit Erlangga.
Copyright © 2014-2015 REFERENSI PENDIDIKAN Powered by Blogger - All Rights Reserved