Pengertian Belajar menurut Teori para Ahli

Hasil belajar tidak dapat dipisahkan dari kegiatan belajar, karena belajar merupakan suatu proses, sedangkan hasil belajar adalah hasil dari proses pembelajaran tersebut.  Banyak definisi para ahli tentang belajar, diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Menurut Slameto (2003:2), “belajar ialah suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalamanya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya. 
  2. Senada dengan Slameto, menurut Gagne (dalam Slameto 2003) belajar merupakan suatu proses untuk memperoleh motivasi dalam pengetahuan, keterampilan, kebiasaan, dan tingkah laku. 
  3. Selanjutnya menurut Irwanto (1997:105), “belajar merupakan proses peubahan dari belum mampu menjadi sudah mampu dan terjadi dalam jangka waktu tertentu”.
  4. Mudzakir (1997:34) memberikan pernyataan yang tidak jauh berbeda dengan beberapa teori sebelumnya. Menurutnya belajar adalah suatu usaha atau kegiatan yang mengadakan perubahan didalam diri seseorang, mencakup perubahan tingkah laku, sikap, kebiasaan, ilmu pengetahuan, keterampilan, dan lain sebagainya.
  5. Belajar menurut Hakim (dalam Fathurrahman, 2007:6) adalah suatu proses perubahan didalam keperibadian manusia, kualitas dan kuantitas tingkah laku seperti peningkatan kecakapan, pengetahuan, sikap, kebiasaan, pemahaman, keterampilan, daya fikir, dan lain-lain kemampuannya.
Dari berbagai pendapat mengenai pengertian belajar yang dikemukakan oleh beberapa ahli, dapat diambil pengertian bahwa belajar pada dasarnya  merupakan suatu kebutuhan bagi setiap orang. Hampir semua kehidupan manusia diwarnai dengan kegiatan belajar. Belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan oleh individu untuk memperoleh suatu perubahan pengetahuan, keterampilan, kebiasaan, dan tingkah laku yang relatif permanen dalam interaksi dengan lingkungannya.

Refrensi Rujukan :


  1. Mudzakir, A. 1997. Psikologi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
  2. Irwanto. (1997). Psikologi Umum. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
  3. Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta. 
  4. Fathurrahman, Pupuh. 2007. Strategi Pembelajaran. Bandung: Insan Media.