REFERENSI PENDIDIKAN

Pengertian Kinerja

http://ewintribengkulu.blogspot.com/2013/04/pengertian-kinerja.html

Kinerja berasal dari pengertian performance. Adapula yang memberikan pengertian performance sebagai hasil kerja atau prestasi kerja. Namun sebenarnya kinerja mempunyai makna yang lebih bagus, bukan hanya hasil kerja, tetapi termasuk bagaimana proses pekerjaan berlangsung.

Seperti yang dikemukakan oleh A.A. Anwar Prabu Mangkunegara (2011:67) bahwa : “Kinerja karyawan adalah hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dicapai oleh seorang karyawan dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan kepadanya”. Dengan demikian, kinerja merupakan tentang bagaimana melakukan pekerjaan dan hasil yang dicapai dari pekerjaan tersebut, dengan kata lain kinerja merupakan tentang apa yang dikerjakan dan bagaimana cara mengerjakannya.

Kinerja pegawai merupakan salah satu faktor penentu dalam mencapai tujuan sebuah organisasi atau lembaga, sehingga kinerja perlu diupayakan untuk selalu ditingkatkan. Namun hal ini tidak mudah dilakukan, sebab banyak faktor yang mempengaruhi tinggi rendahnya kinerja.

Kinerja dalam sebuah lembaga merupakan jawaban dari berhasil atau tidaknya tujuan lembaga yang telah ditetapkan. Berikut ini beberapa pengertian kinerja yang diungkapkan oleh beberapa tokoh, yaitu :
  1. Menurut Armstrong dan Baron (1998 : 15) dalam Wibowo (2007:2) ”Kinerja merupakan hasil pekerjaan yang mempunyai hubungan kuat dengan tujuan strategis organisasi, kepuasan konsumen, dan yang memberikan kontribusi pada ekonomi.”
  2. Menurut Idochi Anwar (1984 : 86) dalam Wibowo (2007:5) Kinerja yaitu berapa besar dan berapa jauh tugas-tugas yang telah dijabarkan telah dapat diwujudkan atau dilaksanakan yang berhubungan dengan tugas dan tanggung jawab yang menggambarkan pola perilaku sebagaimaktualisasi dan kompetensi yang dimiliki.
  3. Menurut Grounlund dalam Wibowo (2007:5) Kinerja adalah penampilan perilaku kerja yang ditandai oleh keluwesan gerak ritme atau urutan kerja yang sesuai dengan prosedur sehingga memperoleh syarat kualitas, kecepatan danjumlah.
Dari berbagai definisi yang telah diuraikan, peneliti menyimpulkan bahwa kinerja pegawai adalah proses dan hasil kerja (output) baik kualitas maupun kuantitas yang dicapai pegawai persatu periode waktu dalam melaksanakan tugas kerjanya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan kepadanya.

Refrensi Rujukan :
  1. Prabu Mangkunegara, A.A. Anwar. 2010. Evaluasi Kinerja SDM. Bandung : PT. Refika Aditama
  2. Wibowo. 2007. Manajemen Kinerja : Jakarta : Raja Grafindo Persada
  3. Warsidi. 2004. Pengaruh Kompensasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru. Tesis PPS UPI Bandung : Tidak diterbitkan
  4. Pora, de, Antonio. 2011. Remunerasi : Kompensasi dan Benefit. Tanggerang : Parninta Offset
  5. Mustari, Lomri. 2000. Pengaruh Kompensasi Terhadap Produktivitas Kerja Guru. Tesis PPS UPI Bandung : Tidak diterbitkan
  6. Moekijat. 1999. Manajemen Sumber Daya Manusia (Manajemen Kepegawaian). Bandung : Mandar Maju
Pengertian Kinerja, Pada: 4:53 PM
Copyright © 2014-2015 REFERENSI PENDIDIKAN Powered by Blogger - All Rights Reserved