REFERENSI PENDIDIKAN

Peran Tenaga Administrasi Sekolah (TAS)

http://ewintribengkulu.blogspot.com/2013/04/peran-tenaga-administrasi-sekolah-tas.html

Tenaga administrasi sekolah menempati peran sebagai tenaga kependidikan dengan tugas seperti yang dinyatakan dalam Undang-Undang Sisdiknas No. 20 Tahun 2003 Pasal 39 (1) “Tenaga kependidikan bertugas melaksanakan administrasi, pengelolaan, pengembangan, pengawasan, dan pelayanan teknis untuk menunjang proses pendidikan pada satuan pendidikan”. Berdasarkan aturan tersebut maka sangat jelas bahwa tenaga kependidikan tidak hanya berperan membantu sekolah dalam urusan administrasi melainkan meliputi beberapa kegiatan penting sekolah seperti pengelolaan, pengembangan, pengawasan dan pelayanan teknis. Agar tidak terjadi tumpang tindih dengan tenaga pendidikan dan peran kepala sekolah, peran yang dilakukan tenaga kependidikan lebih bersifat pengembangan organisasi sekolah seperti memberikan layanan prima, efisiensi dan efektivitas manajemen sekolah, serta mengembangkan hubungan kerjasama sekolah. Peranperan tersebut tentunya sudah merupakan hasil koordinasi dan komunikasi dengan kepala sekolah.
Peran yang harus dilaksanakan tenaga kependidikan secara spesifik dinyatakan dalam Permendiknas No. 24 Tahun 2008 tentang Standar Tenaga Administrasi sekolah/madrasah yang menyebutkan bahwa tiga standart tenaga administrasi sekolah yaitu kepala tenaga administrasi, pelaksana urusan, dan pelaksana layanan khusus sekolah/madrasah. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa tenaga kependidikan dapat diklasifikasikan kepada tiga tingkatan yaitu kepala tenaga administrasi yang berperan sebagai pimpinan, pelaksana urusan yang bertugas membidangi urusan-urusan tertentu sekolah seperti urusan kepegawaian, keuangan, sarana prasarana sekolah, kesiswaam dan lain sebagainya. Sementara itu pelaksana layanan khusus sekolah merupakan tenaga administrasi yang ditugaskan melaksanakan pekerjaan khusus sekolah seperti layanan penyaluran tenaga kerja, layanan kerjasama luar negeri dan lain sebagainya yang dibentuk sesuai dengan kebutuhan sekolah.

Pada dasarnya keberadaan tenaga administrasi sekolah memiliki peran cukup strategis dalam pengembangan kualitas sekolah. Untuk itu, peran-peran tersebut harus dilakukan oleh orang-orang yang memiliki keahlian tertentu sehingga hasil kerjanya akan berdampak positif terhadap perkembangan sekolah.

Refrensi Rujukan :
  1. Cummings & Worley. (2005). Organization Development and Change. Thomson Shouth Western.
  2. Gilley, Jerry W. dan Steven A. Eggland, (1989). Principles of Human Resourches Development. New York: Addison Wesley Pub. Company. Inc.
  3. Jalal, Fasli dan Dedi Supriyadi (ed). (2001). Reformasi Pendidikan dalam Konteks Otonomi Daerah. Yogyakarta: Adicipta.
  4. Jones R Gareth. (2004). Organizational Theory, Design, and Change. New Jersey: Pearson Education.
  5. Robbins P Steppen. Alih bahasa Benyamin Molan. (2006). Perilaku Organisasi. Jakarta: P. Indeks.
  6. Setyadin, B. (2008). Pokok-Pokok Pikiran Dalam Restorasi Kurikulum Administrasi/Manajemen Pendidikan. Makalah disampaikan dalam Workshop Kurikulum Jurusan Administrasi Pendidikan se-Indonesia tanggal 26-27 Juni 2008 di Universitas Negeri Makasar.
  7. Setyadin, B. (2011). Peningkatan Kemampuan (Profesionalisme) Tenaga Administrasi Madrasah (Kajian Pada Pemangku Sistem Manajemen Database). Makalah Pelatihan TAS MIN 1 Malang, Maret 2011. Tidak dipublikasikan.
  8. Soetopo Hendyat. (2008). Tantangan Jurusan Administrasi di Masa Depan. Makalah Semlok Jurusan Administrasi Pendidikan se-Indonesia di Batu, 27 Pebruari 2008. Stewart Jim Alih bahasa Justinus Agus Budi Satrio. (1997). Mengelola Perubahan melalui Pelatihan dan Pengembangan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Jakarta
  9. Tabb, K. William. 2003. Tabir Politik Globalisasi. Yogyakarta: Lafadl Pustaka,
  10. William W. Bostock. 1998. The Global Corporatisation of Universities: Causes and Consequences. An earlier version of this paper was presented at the Seventeenth ISSED Seminar: "Higher Education and Social Conscience", University of Scranton, Pennsylvania, USA, June 5-8, 1998. Diakses 15 Oktober 2008.
Copyright © 2014-2015 REFERENSI PENDIDIKAN Powered by Blogger - All Rights Reserved