REFERENSI PENDIDIKAN

Bentuk-bentuk Dukungan Sosial

http://ewintribengkulu.blogspot.com/2013/05/bentuk-bentuk-dukungan-sosial.html


Menurut Sarason (dalam Dalton, 2001), dukungan sosial dapat dipahami dalam 2 (dua) bentuk yaitu generalized support dan specific support.

1. Generalized Support (Dukungan Umum)

Bentuk dukungan yang terjadi dalam hubungan interpersonal yang berlangsung terus menerus , baik ketika individu menghadapi stressor atau ketika individu sedang tidak mengalami masalah yang berarti . Biasanya dukungan ini bersifat stabil dan berlangsung di sepanjang situasi kehidupan seseorang. Dukungan ini memberikan dasar yang aman bagi individu dalam menyelesaikan permalasahannya. Ada dua jenis yaitu integrasi sosial (social integration) dan dukungan emosional (emotional support).

a. Integrasi Sosial (Social Integration)

Social integration merujuk pada perasaan individu sebagai suatu bagian di dalam sebuah kelompok atau masyarakat (sense of belongingness). Hubungan persahabatan, pekerjaan dan keanggotaan dalam kegiatan agama atau lingkungan tempat tinggal merupakan contoh dimana social integration dapat terjadi. Menurut Cohen & Wills (dalam Orford, 1992), dukungan ini dapat berupa menghabiskan waktu bersama-sama dalam aktivitas, rekreasional di waktu senggang. Dukungan ini dapat mengurangi stress dengan memenuhi kebutuhan afiliasi dan kontak dengan orang lain membantu mengalihkan perhatian seseorang dari masalah yang mengganggu serta memfasilitasi suatu suasana hati yang positif.

b. Dukungan Emosional (Emotional Support)

Emotional support merujuk pada pemberian perhatian dan kenyamanan dalam hubungan hubungan personal. Dukungan ini merupakan yang paling intim dan kuat dari semua bentuk dukungan dan biasanya hadir di dalam hubungan pernikahan, hubungan orangtua-anak atau persahabatan. Biasanya dukungan ini bersifat tak bersyarat dan berhubungan dengan kelekatan (attachment) yang terjadi dalam suatu hubungan yang dekat.

2. Spesific Support (Dukungan Spesifik)

Dukungan spesifik adalah bentuk dukungan yang diberikan untuk membantu individu menghadapi stressor tertentu. Ada tiga jenis dukungan yang termasuk specific support antara lain :

a. Dukungan penghargaan (Encouragement/Esteem Support)

Dukungan penghargaan adalah dukungan dukungan yang terjadi bila ada
ekspresi penilaian yang positif terhadap kompetensi individu. Menurut Cutrona dan Russel (dalam Dalton, 2001), dukungan ini bersifat menentramkan dan menenangkan, namun bukan merupakan dukungan emosional yang lebih dalam. Dukungan ini biasanya berasal dari keluarga atau teman dekat, tetapi bisa juga berasal dari sumber dukungan yang kurang intim dengan individu seperti teman kerja.

b. Dukungan Informasional (Informational Support)

Dukungan informasional meliputi penmberian nasihat atau bimbingan. Secara umum, dukungan ini cenderung melibatkan kognitif daripada emosional dan biasanya pemberiannya disesuaikan dengan situasi yang spesifik yang dialami individu.

c. Dukungan Instrumental (Tangible/Instrumental Support)

Dukungan instrumental adalah dukungan berupa bantuan dalam bentuk nyata , biasanya mengarah pada sumber material seperti penyediaan benda-benda atau layanan (task) untuk memecahkan masalah praktis.


Copyright © 2014-2015 REFERENSI PENDIDIKAN Powered by Blogger - All Rights Reserved