REFERENSI PENDIDIKAN

Karakteristik altruisme

http://ewintribengkulu.blogspot.com/2013/05/karakteristik-altruisme.html

Selain hal tersebut, Myer (1996) menjelaskan karakteristik dari tingkah laku altruisme, antara lain adalah sebagai berikut :
  1. Emphaty, altruisme akan terjadi dengan adanya empati dalamdiri seseorang. Seseorang yang paling altruis merasa diri mereka bertanggungjawab, bersifat sosial, selalu menyesuaikan diri, toleran, dapat mengontrol diri, dan termotivasi membuat kesan yang baik.
  2. Belief on a just world, karakteristik dari tingkah laku altruisme adalah percaya pada “a just world”, maksudnya adalah orang yang altruis percaya bahwa dunia adalah tempat yang baik dan dapat diramalkan bahwa yang baik selalu mendapatkan ”hadiah” dan yang buruk mendapatkan ”hukuman”. Dengan kepercayaan tersebut, seseorang dapat denga mudah menunjukkan tingkah laku menolong (yang dapat dikategorikan sebagai ”yang baik”).
  3. Social responsibility, setiap orang bertanggungjawab terhadap apapun yang dilakukan oleh orang lain, sehingga ketika ada seseorang yang membutuhkan pertolongan, orang tersebut harus menolongnya.
  4. Internal LOC, karakteristik selanjutnya dari orang yang altruis adalah mengontrol dirinya secara internal. Berbagai hal yang dilakukannya dimotivasi oleh kontrol internal (misalnya kepuasan diri).
  5. Low egocentricm, seorang yang altruis memiliki keegoisan yang rendah. Dia mementingkan kepentingan lain terlebih dahulu dibandingkan kepentingan dirinya.
Dalam buku “Positive Psychology” (Carr, 2004), dijelaskan ada tiga (3) cara meningkatkan altruisme, yaitu :
  1. Emphaty. Tindakan altruisme dapat ditingkatkan dengan meningkatkan perasaan empati dariseseorang.
  2. Moral affiliation. Altruisme terjadi, jika seseorang mengetahui pengertian dan hubungan atau keterkaitan moral dengan tindakan menolong. Dalam hal ini, dapat diberikan penjelasan tentang sanksi (konsekuensi) akibat perilaku menolong.
  3. Moral principle. Dengan berdiskusi dan penjelasan tentang prinsip-prinsip moral, tindakan altruisme dapat ditingkatkan. Salah satu prinsip moral tersebut adalah diskusi untuk membuat “dunia” ini lebih baik (penjelasan praktis). Artikel Lengkap : Klik Disini
Karakteristik altruisme, Pada: 6:20 PM
Copyright © 2014-2015 REFERENSI PENDIDIKAN Powered by Blogger - All Rights Reserved