REFERENSI PENDIDIKAN

Kematangan Karir

http://ewintribengkulu.blogspot.com/2013/05/kematangan-karir.html

Crites (dalam Brown, 2002) mendefinisikan kematangan karir sebagai tingkat di mana individu telah menguasai tugas perkembangan karirnya, baik komponen pengetahuan maupun sikap, yang sesuai dengan tahap perkembangan karir. Levinson, dkk (2001) mengemukakan bahwa kematangan karir merupakan kemampuan individu untuk membuat pilihan karir yang tepat, termasuk kesadaran tentang hal yang dibutuhkan untuk membuat keputusan karir dan tingkat dimana pilihan individu tersebut realistik dan konsisten. Luzzo (dalam Levinson, dkk 2001) juga mengatakan bahwa kematangan karir dapat diartikan sebagai sebuah kesiapan individu untuk membuat informasi, kesesuaian umur dengan keputusan karir dan mengatasi tugas-tugas pengembangan karir yang sesuai.

Zunker (2006) mengatakan bahwa kematangan karir adalah proses perkembangan yang berkelanjutan dan menyajikan karakteristik yang dapat diidentifikasi secara spesifik serta merupakan sifat-sifat yang penting untuk pengembangan karir. Sedangkan dari perspektif CIP (Cognitive Information Processing), kematangan karir didefinisikan sebagai kemampuan untuk membuat keputusan karir mandiri dan bertanggung jawab didasarkan pada integrasi pemikiran dari informasi terbaik yang tersedia tentang diri sendiri dan dunia kerja.

Berdasarkan teori-teori yang telah dipaparkan di atas, dapat disimpulkan bahwa definisi kematangan karir adalah kemampuan individu untuk mengetahui minat dan bakatnya, mengetahui informasi yang berkaitan dengan bidang karir yang diminatinya sehingga dapat membuat keputusan dalam pilihan karir yang tepat, yang akan mengeluarkan seluruh kemampuan dan potensi dirinya dengan maksimal, sehingga membuat keputusan karir individu yang konsisten.

Refrensi :
  1. Levinson, E. M; Ohler, D. L; Caswell, S; & Kiewra, K. 2001. “Six Approaches to the Assessment of Career Maturity”. Journal of Counseling & Development volume 76.
  2. Brown, D. 2002. Career Choice and Development. USA: A Wiley Imprint
  3. Zunker, V.G. 2006. Career Counseling: A Hollistic Approach, 7th edition. USA: Thomson Brooks/cole.
Kematangan Karir, Pada: 10:38 AM
Copyright © 2014-2015 REFERENSI PENDIDIKAN Powered by Blogger - All Rights Reserved