REFERENSI PENDIDIKAN

KOMUNIKASI DAN SISTIM INFORMASI

http://ewintribengkulu.blogspot.com/2013/05/komunikasi-dan-sistim-informasi.html

Komunikasi sangat penting dalam organisasi, apabila perintah-perintah tidak sampai kepada tujuan atau diartikan salah, dan peringatan-peringatan tidak resmi dari seorang pemimpin ditafsirkan atau disampaikan dengan cara yang salah, maka kita akan menyadari bahwa masalah itu adalah masalah “salah komnikasi”. Oleh karena itu, pemahaman yang lebih baik atas komunikasi akan mengembangkan komunikasi tersebut . Semua organisasi di manapun perlu menerapkan komunikasi yang tepat , sebagai proses yang penting dan esensial bagi pemimpin untuk mendorong lahirnya gagasan-gagasan kepemimpinan yang baik. Menurut Komaruddin, (1993:82) Komunikasi merupakan salah satu fungsi kantor yang fundamental dan merupakan suatu proses esensial bagi segala bentuk organisasi. Komunikasi adalah proses penyampaian informasi dari seseorang kepada orang lain. Masalah yang sebenarnya bukan terletak pada apakah pemimpin itu perlu berkomnikasi atau tidak, tetapi apakah pemimpin tersebut mampu mengadakan komunikasi dengan tepat atau tidak.

A. Pengertian Komunikasi

Menurut Mintorogo, (1992) Komunikasi adalah proses kegiatan penyampaian warta/berita/informasi yang mengandung arti dari satu pihak kepada pihak lain dalam usaha mendapatkan sa ling pengertian. Dengan demikian komunikasi merupakan proses penyampaian berita (massage) dari seseorang (komunikator) kepada orang lain (komunikan) sehingga terjalin suatu pengertian.

Dalam organisasi seorang pemimpin komunikasi sangatlah penting, karena organisasi kantor bertugas untuk menangani informasi yang merupakan bahan utama komunikasi. Komunikasi pun berfungsi sebagai alat penghubung antar pegawai, unit kerja, dengan organisasi lain. Karena pentingnya komunikasi dalam kegiatan organisasi , maka perlulah kiranya untuk mengidentikasi unsur-unsur komunikasi sebagai berikut ini.
  1. Pengirim berita (komunikasi), yaitu orang yang mengirimkan berita, informasi, atau ide kepada orang lan.
  2. Berita/pesan (message), yaitu sesuatu yang disampaikan berupa perintah, instruksi, saran, usul. Pesan hendaknya jelas bagi penerima.
  3. Penerima berita (komunikan), yaitu orang yang menerima pesan dan menangkap maksud/arti dari si pengirim berita.
  4. Prosedur atau media, yaitu sarana yang dipakai dalam menyampaikan berita, seperti sarana/media berbentuk audio (didengar), visual (dilihat) atau audiovisual (didengar dan dilihat).
  5. Reaksi atau tanggapan,yaitu respon yang diberikan oleh penerima berita terhadap pesan yang disampaikan oleh pengirim berita, sehingga timbul komunikasi dua arah.
Download Artikel Lengkap : Klik Disini
Copyright © 2014-2015 REFERENSI PENDIDIKAN Powered by Blogger - All Rights Reserved