REFERENSI PENDIDIKAN

Konsep Dasar Hubungan Sekolah Dengan Masyarakat

http://ewintribengkulu.blogspot.com/2013/05/konsep-dasar-hubungan-sekolah-dengan.html

Sekolah sebagai lembaga sosial yang diselenggarakan dan dimiliki oleh  masyarakat, harus memenuhi kebutuhan masyarakatnya. Sekolah mempunyai  kewajiban secara legal dan moral untuk selalu memberikan penerangan kepada  masyarakat tentang tujuan-tujuan, program-program, kebutuhan dan keadaannya, dan sebaliknya sekolah harus mengetahui dengan jelas apa kebutuhan, harapan, dan  tuntutan masyarakatnya.

Makin majunya pengertian masyarakat akan pentingnya pendidikan anakanaknya, maka merupakan kebutuhan vital bagi sekolah dan masyarakat untuk  menjalin kerjasama. Kerjasama tersebut dimaksudkan demi kelancaran pendidikan di  sekolah pada umumnya, dan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada khususnya.

Secara etimologis, “hubungan masyarakat” diterjemahkan dari perkataan bahasa  Inggris “public relation”, yang berarti hubungan sekolah dengan masyarakat ialah  sebagai hubungan timbal balik antara suatu organisasi (sekolah) dengan  masyarakatnya.

Pengertian hubungan sekolah dengan masyarakat dapat dilihat dari beberapa  definisi berikut ini. Menurut Kindred Leslie, dalam bukunya “School Public Relation” mengemukakan pengertian hubungan sekolah dengan masyarakat sebagai berikut: “  hubungan sekolah dengan masyarakat adalah suatu proses komunikasi antara sekolah  dengan masyarakat untuk berusaha menanamkan pengertian warga masyarakat  tentang kebutuhan dari karya pendidikan serta pendorong minat dan tanggung jawab  masyarakat dalam usaha memajukan sekolah”.

Selanjutnya Onong U. Effendi dalam bukunya “Human Relations and Public  Relations dalam Management” (1973:55) mengemukakan bahwa public relations  adalah kegiatan berencana untuk menciptakan, membina, dan memelihara sikap budi  yang menyenangkan bagi organisasi di satu pihak dan publik di lain pihak. Untuk mencapainya adalah dengan jalan komunikasi yang baik dan luas secara timbal balik. Pada dasarnya pengertian-pengertian di atas, mengandung makna pokok yang  sama, bahwa hubungan masyarakat adalah merupakan kegiatan manajemen dalam  menciptakan hubungan harmonis antara suatu lembaga dengan masyarakatnya. Download Artikel Lengkap : Klik Disini
Copyright © 2014-2015 REFERENSI PENDIDIKAN Powered by Blogger - All Rights Reserved