REFERENSI PENDIDIKAN

PENGERTIAN FILSAFAT PENDIDIKAN DAN ADMINISTRASI PENDIDIKAN

http://ewintribengkulu.blogspot.com/2013/05/pengertian-filsafat-pendidikan-dan.html

1) Filsafat Pendidikan. 

Ilmu yang mempelajari hakekat pendidikan secara mendalam dan kritis  bagaimana pendidikan dilaksanakan dalam kehidupan manusia. Filsafat  pendidikan merupakan ilmu yang menyelidiki hakekat pelaksanaan pendidikan  yang bersangkut paut dengan tujuan, latar belakang, cara, dan hasilnya serta  hakikat ilmu pendidikan, yang bersangkut paut dengan analisis kritis terhadap  struktur dan kegunaannya. 

Filsafat pendidikan adalah ilmu yang mempelajari tentang seluruh aspek  pendidikan. Menyangkut hakekat manusia secara komprehensif dalam praktek  pendidikan secara mendalam, menyeluruh dan mendasar, apa dan bagaimana  semestinya anak manusia dididik. Studi filsafat pendidikan merupakan usaha  manusia yang berusaha mempelajari bagaimana peraktek pendidikan dalam  kehidupan manusia terjadi secara seharusnya. Bagaimana menurunkan nilai-nilai 3 luhur yang seharusnya diturunkan kedalam proses penyelenggaraan pendidikan. 

Peristiwa pendidikan bukan sebuah peristiwa kebetulan yang alamiah yang berupa  peristiwa yang bersifat maknistis, berlangsung secara teknis atau berdasarkan  hukum alam semata. Langeveld menyebutnya sebagai “antropogi filsafi praktis  yang normatif”. Peraktek pendidikan dalam kehidupan manusia merupakan  peraktek memanusiakan manusia menuju kepada kehidupannya yang lebih baik,  berdasarkan nilai-nilai luhur yang dianut pada masa kini dan ditujukan untuk  hidup di masa datang. Peraktek pendidikan terjadi dalam lingkungan kehidupana  manusia berdasarkan norma-norma dan nilai-nilai luhur yang normatif kemudian diturunkan kedalam praktek sehingga terjadi dalam peristiwa pendidikan. Filsafat  pendidikan harus dapat memberi penjelasan bagaimana seharusnya pendidikan  berlangsung didalam kehidupan, untuk itu perlu ada kejelasan yang mendasar dan  menyeluruh tentang apa itu pendidikan, siapa seharusnya yang melakukannya, 
bagaimana melakukannya, siapa yang disebut peserta didiknya, mau dibawa  kemana anak didik itu, didalam peristiwa bagaimana pendidikan itu harus terjadi. 

2). Administrasi pendidikan 

 Administrasi pendidikan merupakan ilmu yang membahas pendidikan dari  sudut pandang kerjasama dalam proses mencapai tujuan pendidikan. Semua  proses usaha kerjasama dalam mencapai tujuan pendidikan dilakukan dengan  melibatkan semua aspek yang dipandang perlu dan positif dalam usaha mencapai  keberhasilan, baik berupa benda atau material – seperti uang dan fasilitas, spiritual  – seperti keyakinan dan nilai-nilai, ilmu pengetahuan – seperti ilmu dan teknologi,  maupun manusia atau human. Oleh karena itu di sebut dengan melibatkan sumber  daya material maupun sumberdya manusia. Mengingat setiap sumber daya itu  keadaan terbatas, maka pelaksanaannya harus dilakukan secara efektif dan efisien 

Administrasi pendidikan didefinisikan sebagai ilmu pengetahuan yang  membahas pendidikan dari sudut pandang proses kerjasama antar manusia  dalam mengembangkan potensi peserta didik melalui perubahan sikap  dalam pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan, secara efektif dan  efisien. (Dadang Suhardan, 2007). 

Download Artikel Lengkap : Klik Disini
Copyright © 2014-2015 REFERENSI PENDIDIKAN Powered by Blogger - All Rights Reserved