REFERENSI PENDIDIKAN

Pengertian Sikap dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perubahan Sikap

http://ewintribengkulu.blogspot.com/2013/05/pengertian-sikap-dan-faktor-faktor-yang.html

1. Pengertian Sikap

Sikap merupakan derajat afek positif atau negatif terhadap suatu objek psikologis (Thurstone dalam Azwar, 2010). Sikap selalu berkaitan dengan suatu objek. Tidak ada sikap tanpa adanya objek (Gerungan dalam Azwar, 2010). Sikap merupakan afek atau penilaian positif atau negatif terhadap suatu objek (Fishbein dan Ajzen dalam Azwar, 2010). Sikap meliputi rasa suka atau tidak suka terhadap situasi, benda, orang, kelompok, dan aspek lingkungan (Deaux dalam Azwar, 2010).

Cattel (dalam Azwar, 2010) mengartikan sikap sebagai ketertarikan emosi dan perilaku seseorang terhadap beberapa orang, objek, dan kejadian. Allport (dalam Azwar, 2010) mengatakan bahwa sikap merupakan sesuatu yang mengarahkan perilaku kita terhadap objek tertentu, dapat bersifat positif atau negatif dan melibatkan penilaian atau evaluasi. Sikap merupakan komponen kognitif, afektif dan konatif yang saling berinteraksi didalam memahami, merasakan dan berperilaku terhadap suatu objek (Secord & Backman dalam Azwar, 2010).

Jadi dapat disimpulkan bahwa sikap adalah kecenderungan individu untuk memahami, merasakan, bereaksi dan berperilaku terhadap suatu objek yang merupakan hasil dari interaksi komponen kognitif, afektif dan konatif.

2. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perubahan Sikap

Efek suatu komunikasi merupakan bagian perubahan sikap, yakni sejauhmana komunikasi itu diperhatikan, dipahami, dan diterima (Hovland, Janis, & Kelley dalam Azwar, 2010). Ada tiga faktor yang mempengaruhi efek suatu komunikasi, antara lain:
  1. Karakteristik komunikator, meliputi: keahlian, dapat dipercaya, disukai, status, ras, dan agama.
  2. Karakteristik pesan, meliputi: daya tarik bahasa, kemudahan bahasa dimengerti, atau situasi saat pesan tersebut disampaikan.
  3. Karakteristik penerima pesan, meliputi: kemudahan dibujuk, inteligensi, harga diri, dan kepribadian.
Refrensi :

Azwar, S. (2010). Sikap Manusia, Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.
Copyright © 2014-2015 REFERENSI PENDIDIKAN Powered by Blogger - All Rights Reserved