REFERENSI PENDIDIKAN

Pola Asuh Permisif

http://ewintribengkulu.blogspot.com/2013/05/pola-asuh-permisif.html

Menurut Baumrind (dalam Maccoby, 1982) pola asuh adalah interaksi antara orangtua dengan remaja yang meliputi proses mendidik, membimbing, mendisiplinkan dan melindungi remaja untuk mencapai kedewasaan yang sesuai dengan norma-norma yang ada pada masyarakat. Pola asuh dianggap sebagai pengalaman yang sangat penting yang dapat merubah individu secara emosional, sosial dan intelektual. Sebuah kegiatan yang selalu terjadi di dalam kehidupan manusia dengan proses kompleks yang melibatkan kegiatan kelahiran, melindungi anak, merawat anak serta membimbing anak (Colbert. 1997). Baumrind membagi pola asuh dalam tiga tipe yaitu otoriter, otoritatif dan permisif lalu Maccoby dan Martin menambahkan satu pola asuh yaitu uninvolved (Berk, 2000).

Menurut Baumrind (dalam Berk, 2000) pola asuh permisif adalah cara membesarkan anak dengan menuruti permintaan anak tetapi tidak membuat banyak tuntutan atau menerapkan kontrol. Orangtua permisif membiarkan anak-anak untuk membuat banyak keputusan sendiri pada usia ketika mereka belum mampu melakukannya. Orangtua terlibat dengan anak tetapi tidak menetapkan aturan-aturan yang jelas atau larangan agar anak dapat bertanggung jawab dan  menghormati orang lain. Mereka bisa makan dan pergi tidur atau menonton televisi sebanyak yang mereka inginkan ketika mereka merasa ingin melakukannya. Orangtua permisif benar-benar percaya bahwa pendekatan ini adalah yang terbaik, banyak orang lain kurang percaya diri dengan kemampuan mereka untuk mendidik anak mereka yang tidak teratur.

Anak dengan pola asuh permisif sulit mengontrol diri mereka, tidak mandiri, tidak taat dan memberontak ketika diminta untuk melakukan sesuatu yang bertentangan dengan keinginan mereka. Mereka juga terlalu menuntut dan tergantung pada orang dewasa dan mereka menunjukkan kurang mampu menyelesaikan tugas di sekolah. Pada masa remaja, remaja akan memiliki kontrol diri yang buruk. Remaja dengan pola asuh permisif kurang terlibat dalam pembelajaran sekolah dan sering menggunakan obat-obatan (Berk, 2000).

Refrensi :
  1. Berk, L.E. (2000). Child Development (5th ed). USA : A Pearson Education Comp.
  2. Colbert. (1997). Parenting: a lifespan perspective. McGraw-Hill: USA
  3. Maccoby, E.E. (1982). Social Development Psychological Growth and The Parental-Child Relationship. New York: Harcourt Brace Javanovich
Pola Asuh Permisif, Pada: 9:53 AM
Copyright © 2014-2015 REFERENSI PENDIDIKAN Powered by Blogger - All Rights Reserved