REFERENSI PENDIDIKAN

Prinsip-prinsip dan Metode dalam Membina Hubungan Sekolah dengan Masyarakat

http://ewintribengkulu.blogspot.com/2013/05/prinsip-prinsip-dan-metode-dalam.html

Dalam hubungan sekolah dengan masyarakat hendaklah selalu berpegang  kepada prinsip-prinsip yang dijadikan landasan/pedoman bagi tindakan dan  kebijaksanaan yang akan diambil. Adapun prinsip-prinsip hubungan sekolah dengan masyarakat dapat dirangkum  sebagai berikut:
  1. Kerjasama harus dimodali dengan itikad baik untuk menciptakan citra baik  tentang pendidikan.
  2. Pihak awam dalam berperan serta membantu dan merealisasikan program sekolah,  hendaknya menghormati dan mentaati ketentuan/peraturan yang diberlakukan di  sekolah.
  3. Berkaitan dengan prinsip dan teknis edukatif, sekolahlah yang lebih berkewajiban  dan lebih berhak menanganinya.
  4. Segala saran yang berkaitan dengan kepentingan sekolah harus disalurkan melalui  lembaga resmi yang bertanggungjawab dalam melaksanakannya.
  5. Partisipasi/peranserta masyarakat tidak saja dalam bentuk gagasan/usul/saran  tetapi juga berikut organisasi dan kepengurusannya yang dirasakan benar-benar  bermanfaat bagi kemajuan sekolah.
  6. Peran serta masyarakat tidak dibatasi oleh jenjang sekolah tertentu, sepanjang  tidak mencampuri urusan teknis edukatif/akademis.
  7. Peran serta masyarakat akan bersifat konstruktif, apabila mereka sebagai awam  diberi kesempatan mempelajari dan memahami permasalahan serta cara  pemecahannya bagi kepentingan dan kemajuan sekolah.
  8. Supaya sukses dalam “saling berperan serta”, haruslah dipahami betul nilai, cara  kerja dan pola hidup yang ada dalam masyarakat. Kerjasama harus berkembang secara wajar, diawali dari yang paling sederhana,  berkembang hingga hal-hal yang lebih besar. 
  9. Efektivitas keikutsertaan para awam perlu dibina hingga layak dalam  mengembangkan gagasan/penemuan, saran, kritik sampai pada usaha pemecahan  dan pencapaian keberhasilan bagi kemajuan sekolah. Download Artikel Lengkap : Klik Disini
Copyright © 2014-2015 REFERENSI PENDIDIKAN Powered by Blogger - All Rights Reserved