REFERENSI PENDIDIKAN

Tujuan, Fungsi dan Manfaat Lembaga Sekolah dan Masyarakat

http://ewintribengkulu.blogspot.com/2013/05/tujuan-fungsi-dan-manfaat-lembaga.html

1.Tujuan Hubungan Sekolah dengan Masyarakat

Secara umum sebenarnya telah tergambarkan di dalam pengertian yang telah  dipaparkan dimuka. Tujuan yang dimaksud adalah untuk menciptakan hubungan  sekolah dengan masyarakat secara harmonis, untuk meningkatkan kemajuan  pendidikan di sekolah. Disamping itu, agar masyarakat dapat mengambil manfaat dengan turut menikmati kemajuan yang dicapai oleh sekolah.

Tujuan hubungan sekolah dengan masyarakat di atas masih mengandung  pengertian yang luas, sehingga tidak menutup kemungkinan menimbulkan tafsirantafsiran atau pertanyaan-pertanyaan tertentu. Oleh karena itu tujuan seperti di atas  perlu dioperasikan secara khusus.
Elsbree telah mengemukakan tujuan hubungan sekolah dengan masyarakat  sebagai berikut:
  1. Untuk meningkatkan kualitas belajar dan pertumbuhan anak.
  2. Untuk meningkatkan pemahaman masyarakat akan pentingnya pendidikan dan  meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat.
  3. Untuk mengembangkan antusiasme/semangat saling bantu antara sekolah dengan  masyarakat demi kemajuan kedua belah pihak.
Ketiga tujuan tersebut menggambarkan adanya “two way trafic” atau dua arus  komunikasi yang saling timbal balik antara sekolah dengan masyarakat. Hubungan  sekolah dengan masyarakat akan berjalan dengan baik apabila terjadi kesepakatan  antara sekolah dengan masyarakat tentang “policy” (kebijakan), perencanaan program dan strategi pelaksanaan pendidikan di sekolah. Dengan demikian tidak ada lagi  “barrier” atau penghalang dalam melaksanakan program hubungan sekolah dengan  masyarakat.

2.Fungsi Hubungan Sekolah dengan Masyarakat

Sebelum membahas fungsi hubungan sekolah dengan masyarakat, dibawah ini  dibahas bagaimana fungsi sekolah dalam masyarakat dan fungsi masyarakat dalam  pendidikan di sekolah.

a) Fungsi Sekolah dalam Masyarakat
  1. Sekolah sebagai lembaga pembaharu (agent of change), yang mengintrodaksi  perubahan pengetahuan, cara berpikir, pola hidup, kebiasaan dan tata cara  pergaulan, dan sebagainya.
  2. Sekolah sebagai lembaga seleksi (selecting agency), yang memilih/membedabedakan anggota masyarakat menurut kemampuan dan potensinya dalam  memberikan pembinaan sesuai dengan kemampuan itu, agar setiap  individu/anggota masyarakat dapat dikembangkan dan dimanfaatkan  potensinya semaksimal mungkin.
  3. Sekolah sebagai lembaga peningkat (class leveling agency), yang membantu  meningkatkan taraf sosial warga negara dan dengan demikian  mengurangi/menghilangkan perbedaan “kelas” dalam masyarakat.
  4. Sekolah sebagai lembaga asimilasi (assimilating agency), yang berusaha  mengurangi/menghilangkan perbedaan-perbedaan atas tradisi, adat dan  kebudayaan, sehingga terdapat usaha penyesuaian diri yang lebih besar dalam  persatuan dan kesatuan bangsa.
  5. Sekolah sebagai lembaga pemeliharaan kelestarian (agent of preservation),  yang memelihara dan meneruskan sifat-sifat budaya yang patut dipelihara dan  diteruskan.
b) Fungsi Masyarakat dalam Pendidikan di Sekolah

Sekolah adalah dari dan untuk masyarakat, merupakan lembaga sosial yang  diselenggarakan dan dimiliki oleh masyarakat itu baik secara langsung maupun tidak  langsung melalui pemerintahnya. Karena itu sekolah merupakan satu  bagian/komponen dari keseluruhan sistem kehidupan masyarakat. Download Artikel Lengkap : Klik Disini
Copyright © 2014-2015 REFERENSI PENDIDIKAN Powered by Blogger - All Rights Reserved