REFERENSI PENDIDIKAN

Aplikasi Gerak Irama pada Anak yang Mengalami Hambatan Fungsional (Children with Developmental Impairment)

http://ewintribengkulu.blogspot.com/2013/06/aplikasi-gerak-irama-pada-anak-yang.html

Pendidikan untuk anak-anak dengan kebutuhan khusus membutuhkan suatu pola layanan tersendiri, khususnya bagi anak-anak dengan hendaya perkembangan fungsional (children with developmental impairment). Hendaya perkembangan mengacu kepada suatu kondisi tertentu dengan adanya hendaya inteligensi dan fungsi adaptif, dan menunjukkan berbagai masalah dengan kasus-kasus yang berbeda. Kasus-kasus dapat disebabkan oleh adanya keabnormalan genetik, kerusakan pada otak sebelum atau saat dilahirkan, atau kemunduran fungsi otak pada masa kanak-kanak usia dini (Alloy, L, B., et al., 2005:486; Ashman, A. & Elkins, , J., 1994:458; Greenspans dalam Smith, et al., 2002:60; Jacobson & Mulick, 1996 dalam Smith, 2002:61).

Kata impairment berarti hendaya atau “penurunan kemampuan atau berkurangnya kemampuan dalam segi kekuatan, nilai, kualitas dan kuantitas (American Heritage Dictionary, 1982:644; dan Maslim, R., 2000:119). Mereka yang bersekolah pada usia dini di taman kanak-kanak, maupun di sekolah tingkat dasar dan menengah memerlukan keseriusan para guru dalam pembelajaran dan bimbingan agar tingkat perkembangan diri anak yang bersangkutan dapat tercapai sesuai dengan keberadaannya.

Dewasa ini di negara-negara Eropah dan Amerika juga Indonesia pola layanan belajar di sekolah-sekolah mulai bergeser dari segregatif ke arah integratif dan bahkan ke arah inklusif. Sekolah-sekolah reguler tidak jarang menerima siswa dengan kebutuhan khusus, sehingga diperlukan suatu bentuk penanganan tersendiri, baik dalam pola  pembelajaran maupun pola bimbingan saat berada di sekolah. Kegiatan layanan pembelajaran terhadap para siswa dengan hendaya perkembangan fungsional, (lebih populer disebut dengan tunagrahita) sering mendapatkan kesulitan-kesulitan. Kesulitan–kesulitan tersebut diantaranya dalam membuat program atau rancangan pembelajaran, mencarikan bentuk-bentuk media pembelajaran yang sesuai dengan keberadaan siswa yang bersangkutan, dan belum ditemukannya cara yang cocok guna meningkatkan kemampuan kognisi sekaligus kemampuan sosial siswa yang bersangkutan.

Rancangan pembelajaran individual untuk mengatasi kesulitan-kesulitan tersebut di atas perlu dibuat suatu pembelajaran dengan memasukkan intervensi-guru secara khusus yang sesuai dengan kemampuan/ kelemahan siswa dengan kebutuhan khusus. Diantara anak yang mempunyai hendaya perkembangan fungsional seringkali dijumpai mempunyai hendaya penyerta. Misalnya seorang anak Down’s Syndrome dapat dimungkinkan mempunyai salah satu dari hendaya penyerta seperti spastik, autism, hiperaktif, atau kesulitan belajar. Olehkarenanya guru-kelas perlu memperhatikan secara serius karakteristik spesifik selain perkembangan kognisi dan sosial siswa bersangkutan. Perkembangan kognisi dan sosial meliputi perkembangan pada tingkat sensorimotor, akademik, kemampuan berbahasa, keterampilan mengurus diri-sendiri, pemahaman terhadap konsep-diri, kemampuan berinteraksi-sosial dan menumbuhkan rasa kreativitas. Oleh karena itu suatu program pembelajaran individual semestinya bersifat “terobosan” khusus yang dapat menjembatani antara kepentingan guru untuk dapat meningkatkan kemampuan kognisi sesuai dengan kurikulum dan “keberadaan” siswa bersangkutan.

Tujuan pengaplikasian gerak irama dalam pembelajaran bagi anak dengan hendaya perkembangan fungsional, adalah pencapaian sasaran perilaku yang perlu  dikembangkan melalui proses pembelajaran dengan melakukan intervensi dan penggunaan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik-spesifik siswa bersangkutan. Sasaran perilaku dapat diterapkan pada tujuan antara dan tujuan akhir program pembelajaran. Proses pembelajarannya dengan menggunakan unsur pola-gerak yang sesuai dengan kemampuan dan kelemahan perkembangan gerak yang ada pada diri setiap siswa. Download Artikel Lengkap : Klik Disini

Copyright © 2014-2015 REFERENSI PENDIDIKAN Powered by Blogger - All Rights Reserved