REFERENSI PENDIDIKAN

Konsep Dasar Pengelolaan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus

http://ewintribengkulu.blogspot.com/2013/06/konsep-dasar-pengelolaan-pendidikan.html

a. Pengertian Pengelolaan (Manajemen Administrasi)

Istilah pengelolaan sering diidentikan dengan istilah manajemen. Manajemen adalah suatu kemampuan dan keterampilan khusus untuk melakukan suatu kegiatan baik bersama orang lain, atau melalui orang lain dalam mencapai tujua n organisasi. Hersey dan Blanchard menurut Stoner dalam Sudjana (2000:17) member arti pengelolaanmsebagai berikut “Management as working with and through individuals and groups to accomplish organizational goals” (pengelolaan merupakan kegiatan yang dilakukan bersama dan melalui orang-orang sertakelompok dengan maksud untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi). Sumijo dan soebedjo dalam Sudjana (2000:17) mengemukakan bahwa :”Management is the process of planning, organizing, leading and controlling the efforts of organizing members and of using all other organizational resources to achieve stated organizational goals” Kalau kita kaji dari kedua pengertian tersebut di atas, ternyata implementasi dari pengertian tersebut adalah : manajemen merupakan serangkaian kegiatan merencanakan , mengorganisasikan, menggerakkan, mengendalikan dan mengembangkan secara inovatif terhadap segala upaya dalam mengatur dan mendayagunakan sumber daya manusia, sarana dan prasarana secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan

Dari pengertian manajemen di atas, terdapat tiga dimensi yang sangat kruisial, yaitu : Pertama dalam manajemen terjadi kegiatan yang dilakukan oleh seorang pengelola (pemimpin, kepala, komandan, ketua dan lain sebagainya) berasama orang lain atau kelompok. Hal ini menunjukkan begitu pentingnya kemampuan dan keterempilan khusus yang perlu dimiliki pengelola untuk melakukan hubungan kemanusiaan dengan orang lain dan untuk mempengaruhi orang lain baik melalui hubungan perorangan maupun melalui hubungan kelompok. Kemampuan dan keterampilan khusus tersebut dapat terlihat pada interaksi antara pihak yang memimpin/pengelola dan pihahak yang dipimpin/staf atau bawahan.

Hubungan kemanusiaan ini terjadi apabila pihak yang memimpin dan yang dipimpin itu terdiri atas kelompok. Kedua, menunjukkan bahwa kegiatan yang dilakukan bersama dan melalui orang lain itu mempunyai tujuan yang akan dicapai. Dimensi ini member makna bahwa kegiatan tersebut diarahkan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan atau disepakati bersapa. Sedangkan dimensi ketiga adalah, bahwa pengelolaan itu dilakukan dalam organisasi, sehingga tujuan yang akan dicapai itu merupakan tujuan organisasi. Dengan kata lain tujuan organisasi dicapai melalui kegiatan yang dilakuan bersama orang lain baik perorangan maupun kelompok. Jadi tiga demensi tersebut meliputi kegiatan melalui dan/atau bersama orang lain – tujuan yang akan dicapai dalam kehidupan organisasi, memerlukan kehadiran pengelola yang memiliki kemampuan dan keterampilan tentang hubungan kemanusiaan untuk mempengaruhi orang-orang lain dalam rangka mencapai tujuan organisasi secara efektif dan efisien. Istilah administrasi berasal dari kata Ad (latin) = To (Inggris) = kepada dan Ministrare (latin) = to serve / to conduct = melayani, membantu, menolong, mengarahkan. Jadi administrasi merupakan suatu usaha untuk membantu, menolong, mengarahkan semua kegiatan didalam mencapai tujuan tertentu. Secara sempit administrasi dapat diartikan pekerjaan tulis menulis dikantor, atau pekerjaan surat menyurat …. Tata usaha/ tata laksana. Secara luas administrasi dapar berarti sebagai suatu proses keseluruhan dari semua kegiatan bersama dengan memanfaatkan semua fasilitas, yang tersedia baik material, personal maupun spiritual dalam usaha mencapai tujuanbersama secara efektif dan efisien. 

Pendapat lain mengatakan bahwa administrasi berasal dari kata adminitratie (bahasa Belanda) yang berarti pemerintah atau pemerintahan di suatu negara, termasuk badan-badan pemerintah lainnya di dalam negara tersebut. Istilah tersebut sama dengan public administration atau administrasi negara. Fenomena yang terkandung dalam pengertian tersebut adalah :
  1. Terjadinya proses penyelenggaraankerjasama dalam kelompok manusia untuk mencapai tujuan tertentu.
  2. Proses penyelenggaraan tersebut diatur oleh pemerintah untuk mencapai tujuan negara yaitu untuk melayani kepentingan masyarakat dalam berbagai aspek kehidupannya seperti pendidikan, kesehatan, ekonomi, politik, dan keamanan.
Untuk menyelenggarakan pelayanan secara maksimal terhadapmasyarakat, pimpinan memerlukan persyaratan sebagai berikut :
  1. Pimpinan atau administrator memiliki wawasan ayng lebih luas tentang kemasyarakatan dan memahami peranan, kebutuhan, aspirasi dan potensi orang-orang yang menjadi tanggung jawabnya.
  2. 2. Pimpinan mempunyai kemampuan berpikir abstrak baik dalam mengestimasi berbagai kecenderungan yang terjadi dalam kelompok dan lingkungannya yang dapat mempengaruhi pencapaian tujuan, maupun dalam memikirkan dan menganalisa fakta dan interaksi sosial di dalam dan di luar organisasi.
  3. 3. Pimpinan memiliki keseimbangan antara emosi dan persepsi dalam mempertimbangkan dan memahami kebutuhn, harapan, tujuan, dan keinginan diri dan masyarakat sehingga ia dapat menampilkan kepribadian yang harmonis
Siagian dalam Sudjana (2000:16) mengatakan bahwa administrasi sebagai suatu keseluruhan proses kerjasama antara dua orang atau lebih yang didasarkan atas alas an-alasan tertentu dalam upaya untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya. Dimensi yang terkandung dalam makna administrasi sebagaimana dikemukakan tai adalah pertama administrasi sebagai proses dan ke dua administrasi sebagai seni. Administrasi sebagai proses ditandai oleh hal-hal sebagai berikut :
  1. Adanya kegiatan kerjasama antara dua orang atau lebih.
  2. Adanya tujuan yang akan dicapai melalui kegiatan kerjasama itu.
  3. Tersedianya sumber-sumber dan fasilitas yang akan digunakan dalam melakukan kegiatan tersebut.
Download Artikel Lengkap : Klik Disini

Copyright © 2014-2015 REFERENSI PENDIDIKAN Powered by Blogger - All Rights Reserved