REFERENSI PENDIDIKAN

Penerapan Metode Hand Sign Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Seni Musik Pada Anak Tunagrahita Ringan

http://ewintribengkulu.blogspot.com/2013/06/penerapan-metode-hand-sign-dalam.html

Dalam pembelajaran seni musik anak tunagrahita sulit memahami hal-hal seperti mengenal alat musik, tangga nada, dan banyak hal lainnya. Mereka dapat memahaminya bila terlayani secara khusus atau dengan menggunakan metode yang tepat mereka bisa menunjukkan kemajuan dalam hal belajar. Mengapa sangat diperlukan metode yang tepat dalam memberikan pelajaran pada anak tunagrahita?. Karena prestasi belajar yang akan dicapai anak tunagrahita akan sangat berkaitan erat dengan metode yang diberikan oleh guru dikelas. Dalam pelajaran seni musik, anak tunagrahita dituntut untuk atau minimal mengetahui setiap alat musik. Dalam kebudayaan Sunda alat musik Angklung merupakan alat musik asli Sunda dan setiap masyarakat Sunda mengetahuinya. Alat musik angklung sangatlah dekat dengan anak-anak Jawa Barat tidak terkecuali dengan anak berkebutuhan khusus.

 Biasanya setiap pegelaran atau pentas seni yang mengusung kreatifitas anak berkebutuhan khusus, musik angklung hanya dan selalu dimainkan oleh anak tunarungu saja dan itu berhasil dilakukan atau dimainkan oleh anak tunarungu dengan rapi. Dan yang menjadi faktor keberhasilan itu ialah selain kreatifitas guru ternyata penggunaan metode belajar yang sesuai dan menyenangkanlah yang menjadi faktor keberhasilan anak-anak tersebut dalam meningkatkan prestasi belajar khususnya dalam bermain Angklung di pelajaran kesenian atau seni musik. Dari latar belakang itulah peneliti ingin meneliti tentang “Penerapan Metode Hand Sign Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Seni Musik Pada Anak Tunagrahita Ringan”.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Penelitian eksperimen adalah suatu cara untuk mencari hubungan sebab akibat antara dua faktor yang sengaja ditimbulkan oleh peneliti dengan mengeliminasi, mengurangi atau menyisihkan faktor-faktor lain yang bisa mengganggu.

Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan dengan menggunakan uji wilcoxon pada kemampuan bermain angklung dan memainkan tangga nada (do,re,mi,fa,sol,la,si) diperoleh Thitung = 0 dan berdasarkan nilai kritis untuk uji wilcoxon pada tingkat signifikansi 0,05 dengan jumlah N < 7, diperoleh Ttabel = 0, maka H0 ditolak karena Thitung = Ttabel, artinya hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima.  Hal ini menunjukan bahwa Penggunaan metode hand sign dapat meningkatkan prestasi belajar seni musik angklung pada anak tunagrahita ringan.

Download Skripsi Lengkap Bab 1-5, silahkan klik link dibawah :
Panduan Untuk Mendownload File :
  1. Klik tombol Download Now di atas kemudian akan muncul halaman baru dan selanjutnya klik Link Download Now!
  2. Untuk Meng-Unlock File anda harus melengkapi sebuah survey (klik register and enter your info to win!) lengkapi data survey dengan mengikuti petunjuknya.
  3. Setelah anda melengkapi data survey maka file akan ter-unlock dan terdownload secara otomatis. Terimakasih atas kunjungan anda, semoga bermanfaat

Copyright © 2014-2015 REFERENSI PENDIDIKAN Powered by Blogger - All Rights Reserved