REFERENSI PENDIDIKAN

Penggunaan Media Papan Congkak Hitung Untuk Meningkatkan Kemampuan Anak Tunagrahita Ringan Dalam Operasi Hitung Pengurangan

http://ewintribengkulu.blogspot.com/2013/06/penggunaan-media-papan-congkak-hitung.html

Anak Tunagrahita Ringan mengalami permasalahan dalam memahami sesuatu yang bersifat abstrak. Oleh karena itu pembelajaran khususnya operasi hitung pengurangan harus disajikan dalam bentuk konkret. Untuk membantu anak tunagrahita ringan sampai pada pemahaman abstak harus dibantu dengan media konkret. Salah satu media yang dapat digunakan adalah media papan congkak hitung. Sebagaimana yang terjadi dilapangan pada siswa kelas IV bernama N yang memiliki hambatan dalam melakukan operasi hitung pengurangan di SLB C Purnama Asih. Oleh sebab itu peneliti mencoba menggunakan media papan congkak hitung sebagai media pembelajaran matematika dasar, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “ Apakah pembelajaran dengan menggunakan media papan congkak hitung dapat meningkatkan prestasi belajar anak tunagrahita ringan dalam operasi hitung pengurangan 1 sampai 10?”.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis. sedangkan teknik analisis data menggunakan presentase. Karena penelitian ini bersifat akademik, melalui presentase akan lebih terlihat mengenai hasil yang diperoleh anak.Berdasarkan pengolahan data, maka diperoleh mean baseline 1(A-1) sebesar 0%, mean intervensi (B) sebesar 76,25%, dan mean baseline 2 (A-2) adalah 47,5%. Maka dapat disimpulkan bahwa media papan congkak dapat meningkatkan kemampuan matematika dasar pada anak tunagrahita ringan.Hasil penelitian ini sekiranya dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi pendidik dalam pengunaan media pembelajaran pada anak tunagrahita ringan pada proses pembelajaran matematika.Kata Kunci : Anak Tunagrahita Ringan, Media Papan Congkak Hitung, Operasi pengurangan 1 sampai 10.

Download Skripsi Lengkap Bab 1-5, silahkan klik link dibawah :
Panduan Untuk Mendownload File :
  1. Klik tombol Download Now di atas kemudian akan muncul halaman baru dan selanjutnya klik Link Download Now!
  2. Untuk Meng-Unlock File anda harus melengkapi sebuah survey (klik register and enter your info to win!) lengkapi data survey dengan mengikuti petunjuknya.
  3. Setelah anda melengkapi data survey maka file akan ter-unlock dan terdownload secara otomatis. Terimakasih atas kunjungan anda, semoga bermanfaat

Copyright © 2014-2015 REFERENSI PENDIDIKAN Powered by Blogger - All Rights Reserved