REFERENSI PENDIDIKAN


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh media Pencocokkan Kartu Indeks (Index Card Match) terhadap kemampuan membaca permulaan. Media ini merupakan media visual yang cocok digunakan untuk siswa tunarungu, karena mereka lebih memanfaatkan kemampuan visual untuk memperoleh informasi. Kemampuan berbahasa siswa tunarungu menunjukkan keterlambatan 2-4 tahun dibanding dengan anak yang mendengar. Dalam standar kompetensi untuk siswa kelas 1 seharusnya sudah mampu membaca 3-5 kalimat, tetapi dalam kasus penelitian ini siswa tunarungu kelas 1 hanya baru bisa membaca huruf vokal saja.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan desain Pre-Experiment one group pretest-postest. Tes berupa soal lisan (membaca huruf, suku kata dan kata) dan soal tulisan (mencocokkan gambar dengan kata). Penelitian ini dilakukan di SLB B-C Pambudi Dharma 2 Cimahi pada 6 orang siswa tunarungu kelas D1.

Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan skor membaca mulai dari 6 skor sampai 10 skor. Hal ini menunjukkan bahwa media Pencocokkan Kartu Indeks (Index Card Match) dapat memberikan pengaruh terhadap kemampuan membaca permulaan siswa tunarungu. Bertolak dari hasil penelitian diajukan rekomendasi kepada guru dan peneliti selanjutanya. Sebagai alternatif dalam pembelajaran membaca, guru dapat menggunakan media Pencocokkan Kartu Indeks (Index Card Match) dan untuk peneliti selanjutnya dapat menambahkan variasi dengan menambahkan kata dan gambar lain dalam pembelajaran membaca permulaan.

Download Skripsi Lengkap Bab 1-5, silahkan klik link dibawah :
Panduan Untuk Mendownload File :
  1. Klik tombol Download Now di atas kemudian akan muncul halaman baru dan selanjutnya klik Link Download Now!
  2. Untuk Meng-Unlock File anda harus melengkapi sebuah survey (klik register and enter your info to win!) lengkapi data survey dengan mengikuti petunjuknya.
  3. Setelah anda melengkapi data survey maka file akan ter-unlock dan terdownload secara otomatis. Terimakasih atas kunjungan anda, semoga bermanfaat
Copyright © 2014-2015 REFERENSI PENDIDIKAN Powered by Blogger - All Rights Reserved