REFERENSI PENDIDIKAN

Perkuliahan Pengelolaan Pendidikan untuk ABK

http://ewintribengkulu.blogspot.com/2013/06/perkuliahan-pengelolaan-pendidikan.html

Mata kuliah Pengelolaan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dengan kode mata kuliah (LB.356) dan jumlah SKS 2 diberikan pada semester V, merupakan kelompok mata kuliah program studi dan merupakan mata kuliah lanjutan dari mata kuliah dasar profesi (KD.304 Pengelolaan Pendidikan). Setelah mahasiswa selesai menempuh perkuliahan mata kuliah Pengelolaan Pendidikan ABK diharapkan dapat (a) mengetahui dan memahami prinsip-prinsip dasar umum pengelolaan pendidikan serta kemungkinan-kemungkinan implikasinya bagi pengelolaan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus, (b). mengetahui, memahami, dan menyadari bahwa kedudukan, peran, dan tugas lembaga yang menangani anak berkebutuhan khusus (SLB/sekolah inklusi/klinik dsb) dalam struktur organisasi Depdiknas, (c) mengetahui,memahami dan menguasai pengelolaan komponen-komponen sekolah, khususnya sekolah luar biasa serta mampu mengimplementasikannya dalam strategi dan model pengelolaan berbasis SLB. (d) mengetahui secara konseptual maupun aplikatif dalam melaksanakan koordinasi, komunikasi, dan supervise dalam pengelolaan pendidikan berbasis SLB. (e) memahami dan menyadari gaya / tipe kepemimpinan dalam pengelolaan pendidikan berbasis SLB, serta kemungkinan-kemungkinan implikasinya dalam kepemimpinan sekolah yang efektif dalam peningkatan kinerja. (f) memahami prosedur penjaringan ABK dan pengurusan izin operasional SLB serta mampu mengimplementasikan kemungkinan-kemungkinan pendirian SLB.

Pelaksanaan perkuliahan pengelolaan pendidikan ABK menggunakan berbagai pendekatan pembelajaran, diantaranya pendekatan ekpositori, dalam bentuk ceramah dan tanya jawab, pendekatan inkuiri dengan dengan bentuk penyelesaian tugas dalam bentuk penyajian makalah, laporan buku dan jurnal. Media yang digunakan dalam pembelajaran ini adalah berupa multi media, seperti LCD, OHP, serta media-media lain yang dapat digunakan untuk memaksimalkan sistem pembelajaran ayang efektif dan efisien, serta disesuaikan dengan topic/pokok bahasan perkuliahan yang akan disampaikan. Konten dari perkuliahan ini pada hakekatnya membahas tentang prinsip-prinsip dasar umum pengelolaan pendidikan, dan secara khusus yang difocuskan pada penyelenggaraan dan pengelolaan pendidikan anak berkebutuhan khusus. Selain itu dibahas pula tentang kedudukan, peran dan tugas lembaga yang menangani anak berkebutuhan khusus yang diselenggarakan di Sekolah Luar Biasa (SLB), Sekolah inklusi/klinik) dalam struktur organisasi Departemen Pendidikan Nasional. Pembahasan tentang Komponen pengelolaan sekolah dibahas tentang strategi dan model pengelolaan berbasis SLB, komponen melaksanakan koordinasi, komunikasi dan supervisi dalam pengelolaan pendidikan berbasis SLB secara konsep maupun aplikatif. Sebagai pelengkap dibahas pula mengenai kepemimpinan dalam pengelolaan pendidikan berbasis SLB serta kemungkinan-kemungkinan impliksinya dalamkepemimpinan sekolah yang efektif dalam peningkatankinerja, prosedur penjaringan anak berkebutuhan khusus (ABK) dan pendirian SLB. Referensi yang wajib untuk digunakan dalam mengikuti pembelajaran Pengelolaan 

Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) diantaranya : Ametembun, N.A. (1981), Guru dalam Administrasi Pendidikan, Bandung, IKIP Bandung.dan Ametembun, N(2006), Supervisi Pendidikan (Penuntun Bagi Para Penilik Pengawas kepala Sekolah dan Guru-Guru), Bandung, Suri..A. Davics, T.I. (1980), School Organozation : Anew Synthesis, Pres, Oxford. London. Edinburgh. New York.Toronto. Sidney. Paris. Depdiknas. (1984), Petujuk Umum Administrasi Sekolah Luar Biasa, Petunjuk Administrasi Petunjuk Administrasi Kemuridan, Program Pengajaran, Petunjuk Administrasi Kepegawaian Petunjuk Administrasi Keuangan Petunjuk Administrasi Perlengkapan/Barang Jakarta, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pendidikan Dasar, Proyek Pembinaan Sekolah Luar Biasa. Idochi Anwar M, (2003), Administrasi Pendidikan dan Manajemen Biaya Pendidikan, Bandung: Alfabeta. Sudjana.D. (2000), Manajemen Program Pendidikan, Bandung: Falah Production Download Artikel Lengkap : Klik Disini

Copyright © 2014-2015 REFERENSI PENDIDIKAN Powered by Blogger - All Rights Reserved