REFERENSI PENDIDIKAN


Masalah dalam penelitian ini adalah siswa mengalami kecemasan saat berkomunikasi dengan guru. Permasalahannya “Apakah kecemasan siswa saat berkomunikasi dengan guru dapat diturunkan menggunakan pendekatan Cognitive Behavior Therapy teknik relaksasi pada siswa kelas XI SMA Negri 1 Way Lima Tahun Ajaran 2012-2013?”. Penelitian ini bertujuan untuk menurunkan kecemasan siswa saat berkomunikasi dengan guru. Metode yang digunakan dalam penelitian quasi eksperimen desain one-group pretest-posttest. Subjek penelitian enam orang siswa kelas XI yang mengalami kecemasan tinggi saat berkomunikasi dengan guru. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa kecemasan siswa saat berkomunikasi dengan guru mengalami penurunan setelah pemberian treatment. Hal ini terlihat dari hasil perhitungan nilai P (presentase peningkatan) sebesar -51%, yang artinya tingkat kecemasan siswa saat berkomunikasi dengan guru menurun sebesar 51%. Kesimpulan dari penelitian, penggunaan pendekatan Cognitive Behavior Therapy teknik relaksasi dapat menurunkan tingkat kecemasan siswa saat berkomunikasi dengan guru. Saran yang diberikan: (1) Siswa yang memiliki kecemasan tinggi saat berkomunikasi dengan guru hendaknya mengikuti layanan konseling pendekatan Cognitive Behavior Therapy teknik relaksasi. (2) Guru Bimbingan dan Konseling hendaknya menggunakan layanan konseling pendekatan Cognitive Behavior Therapy teknik relaksasi untuk membantu menurunkan tingkat kecemasan siswa saat berkomunikasi dengan guru. (3) Bagi peneliti lain yang meneliti masalah kecemasan dapat melakukan penelitian dengan treatment berbeda yang dapat digunakan untuk menangani masalah kecemasan.

Download Skripsi Lengkap Bab 1-5, silahkan klik link dibawah :
Panduan Untuk Mendownload File :
  1. Klik tombol Download Now di atas kemudian akan muncul halaman baru dan selanjutnya klik Link Download Now!
  2. Untuk Meng-Unlock File anda harus melengkapi sebuah survey (klik register and enter your info to win!) lengkapi data survey dengan mengikuti petunjuknya.
  3. Setelah anda melengkapi data survey maka file akan ter-unlock dan terdownload secara otomatis. Terimakasih atas kunjungan anda, semoga bermanfaat
Copyright © 2014-2015 REFERENSI PENDIDIKAN Powered by Blogger - All Rights Reserved