REFERENSI PENDIDIKAN


PENGUJIAN KUALITAS BERBAGAI KOMPOS KOMERSIL YANG DIJUAL DIPASARAN SERTA PENGARUHNYA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN SAWI oleh Syafitra Ibadillah yang dibimbing oleh Ir. T. Sabrina. M.Agr, Sc., Ph. D. dan Ir. Razali, M.P. Penelitian berjudul pengujian kualitas berbagai kompos komersil yang dijual dipasaran serta pengaruhnya terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman sawi bertujuan untuk menentukan alat ukur yang paling sederhana untuk menentukan kompos mana yang asli dan kompos yang palsu. Penelitian menggunakan berbagai cara sederhana untuk mendeteksi kompos palsu dengan cara pengujian warna, pengujian bau dan melarutkan kedalam air yang dibandingkan dengan uji laboratorium dan uji tanaman. Pengujian dengan tanaman menggunakan rancangan acak non faktorial dengan 12 faktor dan 3 blok. Hasil penelitian menunjukkan pada pengujian warna, kompos palsu memiliki warna keabuan-abuan. Pada pengujian bau, diperoleh hasil bahwa kompos bakaran tanah tidak memiliki bau dengan persentase diatas 60%. Pada pengujian melarutkan kompos didalam air, kompos palsu mengalami perubahan yaitu kompos tenggelam seluruhnya. Pada pengujian laboratorium, ukuran partikel kompos asli dan palsu tidak dapat dibedakan karena keragaman ukuran bahan. Pada pengujian karbon, nitrogen dan rasio C/N diperoleh hasil kompos bakaran tanah memiliki kandungan yang paling rendah. Pada pengujian daya menahan air diperoleh hasil kompos bakaran tanah memiliki daya menahan air yang paling rendah. pH kompos bakaran tanah diperoleh hasil yang paling tinggi diantara kompos yang lain. Pengujian total mikroorganisme diperoleh hasil bahwa kompos bakaran tanah memiliki jumlah yang paling sedikit. Pengujian dengan tanaman tidak dapat digunakan untuk menentukan kompos asli dan palsu karena pertumbuhan tanaman sawi tidak berbeda nyata.

Download Skripsi Lengkap Bab 1-5, silahkan klik link dibawah :
Panduan Untuk Mendownload File :
  1. Klik tombol Download Now di atas kemudian akan muncul halaman baru dan selanjutnya klik Link Download Now!
  2. Untuk Meng-Unlock File anda harus melengkapi sebuah survey (klik register and enter your info to win!) lengkapi data survey dengan mengikuti petunjuknya.
  3. Setelah anda melengkapi data survey maka file akan ter-unlock dan terdownload secara otomatis. Terimakasih atas kunjungan anda, semoga bermanfaat
Copyright © 2014-2015 REFERENSI PENDIDIKAN Powered by Blogger - All Rights Reserved