REFERENSI PENDIDIKAN

Skripsi Kehutanan-Analisis biaya dan produktivitas Penyaradan kayu dengan traktor komatsu D 70 LE

http://ewintribengkulu.blogspot.com/2015/04/skripsi-kehutanan-analisis-biaya-dan.html

Kegiatan penyaradan merupakan kegiatan pengangkutan jarak pendek yang bertujuan untuk memindahkan kayu dari tempat tebangan ke tempat pengumpulan kayu (TPn) atau ke pinggir jalan angkutan (Budiman, 1996). Kegiatan ini sebagai salah satu kegiatan pemanenan seharusnya memperhatikan aspek ekologis demi tercapainya kelestarian hutan. Penggunaan peralatan penyaradan sebaiknya disesuaikan dengan keadaan lapangan yang bertujuan untuk meringankan pekerjaan mengeluarkan kayu dari hutan ke pinggir jalan angkutan. Penelitian mengenai analisis biaya dan produktivitas penyaradan kayu menggunakan traktor Komatsu D 70 LE INI dilakukan di areal HPH PT. Inanta Timber (Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara) pada bulan Desember 2004 sampai Januari 2005. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui komponen kegiatan penyaradan, waktu kerja penyaradan, biaya penyaradan dan produktivitas penyaradan kayu. Data yang dikumpulkan berupa jarak sarad, waktu kerja, volume kayu yang disarad, harga traktor, upah pekerja, jam kerja setahun dan umur pakai traktor untuk penyaradan. Pengumpulan data primer dilakukan dengan pengukuran langsung ke lapangan. Data dianalisis dengan regresi linier berganda dengan model Y = ao + aixi + &2X2 (untuk melihat hubungan produktivitas dengan volume dan jarak sarad) dan Y = b0 + bixi + b2X2 (untuk melihat hubungan biaya penyaradan dengan volume dan jarak sarad) Komponen kegiatan penyaradan meliputi sarad kosong (kegiatan awal penyaradan dimana traktor langsung mendatangi kayu hasil tebangan), ikat muatan/pemasangan choker (kegiatan mengikat kayu setelah dipotong ujungnya), penyaradan bermuatan (traktor bergerak setelah diisi dengan kayu) dan pembongkaran muatan (kegiatan akhir yang dilakukan di TPn); waktu kerja penyaradan rata-rata adalah 11,88 menit, waktu tersingkat adalah waktu saat pembongkaran (0,42 menit) dan tertinggi adalah waktu penyaradan bermuatan (9,36 menit). Biaya penyaradan rata-rata dengan traktor Komatsu D 70 LE Rp.l 1171,24/m3. Biaya penyarada dengan traktor Komatsu D 70 LE dipengaruhi oleh volume dan jarak sarad. Semakin besar volume kayu yang disarad akan mengurangi besarnya biaya penyaradan sebaliknya semakin jauh jarak sarad yang ditempuh akan meningkatkan biaya penyaradan. Produktivitas penyaradan kayu rata-rata dengan traktor Komatsu D 70 LE di HPH PT. Inanta Timber adalah 20,93 m3/jam. Biaya penyaradan rata-rata dengan traktor Komatsu D 70 LE Rp.l 1171,24/m3. Produktivitas penyaradan dengan traktor Komatsu D 70 LE dipengaruhi oleh volume dan jarak sarad. Semakin besar volume kayu yang disarad akan meningkatkan produktivitas penyaradan sebaliknya semakin jauh jarak sarad yang ditempuh akan menurunkan produktivitas penyaradan.

Download Skripsi Lengkap Bab 1-5, silahkan klik link dibawah :
Panduan Untuk Mendownload File :
  1. Klik tombol Download Now di atas kemudian akan muncul halaman baru dan selanjutnya klik Link Download Now!
  2. Untuk Meng-Unlock File anda harus melengkapi sebuah survey (klik register and enter your info to win!) lengkapi data survey dengan mengikuti petunjuknya.
  3. Setelah anda melengkapi data survey maka file akan ter-unlock dan terdownload secara otomatis. Terimakasih atas kunjungan anda, semoga bermanfaat
Copyright © 2014-2015 REFERENSI PENDIDIKAN Powered by Blogger - All Rights Reserved