REFERENSI PENDIDIKAN


Hasil belajar merupakan tolok ukur maksimal yang telah dicapai siswa setelah melakukan kegiatan belajar selama waktu yang telah ditentukan bersama. Belajar mengajar tidak dapat dipisahkan dari siswa dan guru. Guru dan siswa berkerja sama untuk mencapai tujuan belajar. Tujuan belajar akan tercapai jika interaksi antara siswa dan guru berlangsung dengan baik.

Kualitas sumber daya manusia sangat dibutuhkan oleh setiap negara baik untuk negara yang sudah maju maupun yang sedang berkembang. Oleh karena itu, agar dapat menciptakan sumber daya manusia yang baik dan berkualitas harus diawali dengan peningkatan terhadap kualitas pendidikan itu sendiri.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh antara budaya membaca, motivasi belajar dan cara belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS semester ganjil SMA N 1 Kasui Pasar tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara budaya membaca, motivasi belajar dan cara belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS semester ganjil SMA N 1 Kasui Pasar tahun pelajaran 2012/2013.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kasui Pasar yang berjumlah 71 orang dengan sampel 71 orang. Untuk menguji hipotesis pertama, kedua dan ketiga menggunakan regresi linier sederhana sedangkan untuk menguji hipotesis keempat menggunakan regresi linier multiple.

Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan hasil penelitian sebagai berikut.
1. Ada pengaruh yang positif dan signifikan budaya membaca terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS semester ganjil SMA Negeri 1 Kasui Pasar tahun pelajaran 2012/2013 yang ditunjukkan oleh hasil uji regresi linier sederhana diperoleh r2 = 0, 437 pada taraf signifikansi 0,05 berdasarkan analisis diperoleh t hitung = 6,290 sedangkan t tabel = 1,994, ini berarti t hitung > t tabel.
2. Ada pengaruh yang positif dan signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS semester ganjil SMA Negeri 1 Kasui Pasar tahun pelajaran 2012/2013 yang ditunjukkan oleh hasil uji regresi linier sederhana diperoleh r2 = 0, 533 pada taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan analisis data diperoleh t hitung = 4,264 sedangkan t tabel = 1,994, ini berarti t hitung > t tabel.
3. Ada pengaruh yang positif dan signifikan cara belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS semester ganjil SMA Negeri 1 Kasui Pasar tahun pelajaran 2012/2013yang ditunjukkan oleh hasil uji regresi linier sederhana diperoleh r2 = 0, 516 pada taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan analisis data diperoleh t hitung = 6,290 sedangkan t tabel = 1,994, ini berarti t hitung > t tabel.
4. Ada pengaruh yang positif dan signifikan budaya membaca, motivasi belajar dan cara belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS semester ganjil SMA Negeri 1 Kasui Pasar tahun pelajaran 2012/2013 yang di tunjukkan oleh hasil uji regresi linier multiple diperoleh r2 = 0,311 pada taraf signifikansi 0,05 dengan Fhitung = 34,222 sedangkan Ftabel = 3,978, ini berari Fhitung > Ftabel.

Download Skripsi Lengkap Bab 1-5, silahkan klik link dibawah :
Panduan Untuk Mendownload File :
  1. Klik tombol Download Now di atas kemudian akan muncul halaman baru dan selanjutnya klik Link Download Now!
  2. Untuk Meng-Unlock File anda harus melengkapi sebuah survey (klik register and enter your info to win!) lengkapi data survey dengan mengikuti petunjuknya.
  3. Setelah anda melengkapi data survey maka file akan ter-unlock dan terdownload secara otomatis. Terimakasih atas kunjungan anda, semoga bermanfaat
Copyright © 2014-2015 REFERENSI PENDIDIKAN Powered by Blogger - All Rights Reserved